Poster Diskomvision 2024. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akan menggelar acara tahunan mereka, Diskomvision 2024.

Acara yang telah menjadi agenda rutin ini terbuka untuk umum, dijadwalkan berlangsung pada Senin (20/5/2024) hingga Rabu (22/5/2024), pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Salatiga.

Ketua Panitia acara, Agustian Catur Pamungkas mengungkapkan, Diskomvision 2024 akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari pameran karya, workshop, hingga screening film pendek termasuk film animasi. Selain itu, gelaran unik lainnya seperti playday board game dan klinik desain, serta hiburan dan bazaar dari 20 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga akan meramaikan kegiatan.

Salah satu rangkaian acara paling dinanti adalah pameran karya seni. Menampilkan total 87 karya, setiap karya merupakan hasil proyek mahasiswa dari tugas akhir, kelas, dan workshop foto katalog. Dua kategori berbeda juga ditampilkan dalam pameran, yaitu karya tematik yang sesuai dengan tema “Pemberdayaan Ekonomi” dan karya non tematik yaitu karya di luar tema.

Tidak hanya pameran, Diskomvision 2024 juga menyelenggarakan workshop Tye Dye dan Content Creation. Melalui Tye Dye bersama narasumber Tinctori, pengunjung akan dibekali ilmu pembuatan produk unik dan kreatif hingga peluang bisnis. Sedangkan bersama influencer Asa Kecil di Content Creation, hadir untuk mengedukasi masyarakat dalam menggali peluang melalui platform digital sekaligus membentuk personal branding.

Konsultasi Desain Gratis

Selain itu, terdapat playday board game yang memberi kesempatan bagi pengunjung untuk bermain board game hasil karya mahasiswa. Ada juga klinik desain, yaitu layanan konsultasi seputar desain produk, iklan, hingga konsep video, juga terbuka untuk umum.

“Layanan konsultasi ini gratis untuk semua pengunjung. Sedangkan untuk bisa bermain di playday board game, nantinya pengunjung cukup menunjukkan nota pembelian produk UMKM dari bazaar yang ada. Ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami untuk perkembangan UMKM,” jelasnya, Jumat (17/5/2024).

Acara akan dimeriahkan dengan hiburan penampilan musik oleh band Uncle Djink Fahmi Aziz, Black Swan, serta live music lainnya.

“Mutualisme” yang dibaca “Mutual is Me”, menjadi tema Diskomvision kali ini yang merujuk pada isu humanity di aspek perekonomian. Lebih lanjut, Ketua Program Studi (Kaprodi) DKV Birmanti Setia Utami, S.Sn., M.Sn., menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk memamerkan hasil karya desain mereka.

“Saya berharap acara ini tidak hanya bermanfaat untuk teman-teman mahasiswa dan dosen saja, tetapi juga memberikan manfaat untuk masyarakat,” terangnya dalam acara Pre-Event #1 Diskomvision 2024 silam, Jumat (22/03/2024).

Ning S