Pimpinan FIK Unnes dan MAN 1 Wonosobo foto bersama menunjukan dokumen MoU. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo menjalin kersajama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Kerjasama dilakukan dalam rangka untuk menjajagi peluang siswa MAN 1 Wonosobo masuk Unnes melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), SNBT UTBK dan test mandiri, lebih mudah.

Kerjasama diawali dengan penandatanganan MoU yang ditandatangani oleh Kepala MAN 1 Wonosobo Khoirul Umam dan Dekan FIK Unnes Dr Taufik Hidayah, MKes di Ruang Sidang FIK Unnes, Kamis (16/5/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 1 Khoirul Umam, Ketua Komite Muharno Zarka, Ketua Penjamin Mutu Agus Ariyanto, sejumlah guru Bimbingan Konseling (BK), guru OR dan siswa yang merupakan atlet beberapa cabang olahraga.

Rombongan MAN 1 diterima Dekan FIK Dr Taufik Hidayah, MKes, Wakil Dekan FIK Bidang Bisnis, Riset dan Kerjasama Dr Sri Haryono, Wakil Dekan FIK Agus Widodo Suripto, SPd MPd dan unsur pimpinan FIK Unnes lainnya.

Khoirul Umam mengungkapkan di tahun 2024 ini, siswanya yang diterima melalui jalur SNBP di berbagai perguruan tinggi (PT) umum di Jateng dan DIY, sejumlah 59 siswa. Adapun 16 di antaranya diterima di Unnes.

Program Beasiswa

Beberapa siswa MAN 1 Wonosobo foto di depan patung burung Garuda di pintu gerbang masuk Unnes. Foto : SB/Muharno Zarka

“Hanya saja dari 5 siswa yang mendaftar di FIK Unnes belum ada yang diterima. Karena itu, kunjungan kali ini guna meminta masukan dan arahan agar siswa MAN 1 Wonosobo bisa lebih banyak diterima FIK, baik melaui jalur SNBP, SNBT UTBK maupun jalur mandiri,” ujarnya.

Dekan FIK Unnes Taufik Hidayah menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari pimpinan MAN 1 Wonosobo. Ada beberapa fasilitas beasiswa KIP dan Bidik Misi yang bisa dimanfaatkan. Di Unnes juga ada beasiswa dari Laziz Unnes dan mahasiswa tahfidz Al Quran.

“Jika ada siswa MAN 1 Wonosobo yang jadi penghafal Al Quran bisa masuk melalui jalur beasiswa tahifdz. Jadi bagi siswa yang punya prestasi, baik prestasi akademik, olahraga dan keagamaan punya peluang besar masuk atau diterima kuliah di Unnes,” terangnya.

Dr Sri Haryono, MPd dalam kesempatan tersebut lebih banyak menyampaikan trik dan tips bisa masuk di FIK Unnes, baik melalui jalur SNBP, SNBT UTBK maupun jalur mandiri. Setiap calon mahasiswa harus teliti dalam mengisi data secara online. Sebab kesalahan dalam menginput data bisa menyebakan calon mahasiswa gagal masuk di prodi yang dipilih.

Muharno Zarka