Cek dan Tingkatkan Kemampuan Fisik Para Prajurit Kodim 0721/Blora di lapangan Yonif 410/Alugoro. Rabu, 15 Mei 2024.F oto: Kudnadi Saputro Blora

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit agar dapat menjalankan tugas pokoknya dapat berjalan dengan lancar dan maksimal, Kodim 0721/Blora menggelar kegiatan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I tahun 2024.

Kegiatan ini dilangsungkan  di lapangan Yonif 410/Alugoro, Jl. Jenderal Soedirman, Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Rabu, (15/5/2024).

Dandim 0721/Blora melalui Kasdim Mayor Inf Bani menyampaikan, sebelum pelaksanaan garjas dimulai, terlebih dahulu para prajurit melaksanakan pengecekan kesehatan oleh petugas medis dilanjutkan dengan senam peregangan.

“Pelaksanaan tes kesegaran jasmani meliputi Garjas A yang terdiri dari lari dengan waktu 12 menit, Garjas B meliputi Pull Up, Push Up, Sit Up, serta Shuttle Run ditambah ketangkasan renang dasar militer dengan jarak 50 meter,” jelas Mayor Inf Bani.

Lebih lanjut Kasdim 0721/Blora mengatakan bahwa Garjas Periodik adalah program rutin satuan dalam rangka mengukur dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit guna mendukung suksesnya tugas pokok sebagai TNI AD.

“Tes kesegaran jasmani secara periodik ini adalah program rutin dari Komando Atas sebagai tolak ukur pembinaan satuan (Binsat). Garjas ini juga salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi seorang prajurit dengan kriteria sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditentukan,” ujar Kasdim Blora.

Mayor Inf Bani juga menekankan kepada anggota yang melaksanakan tes garjas untuk melakukan kegiatan dengan maksimal dan penuh rasa tanggung jawab namun demikian harus tetap mengutamakan faktor keamanan dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan, ikuti semua yang diinstruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal – hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan,” pinta Mayor Inf Bani kepada Anggota.

Usai melaksanakan tes kesegaran jasmani A dan B di lapangan Yonif 410/Alugoro dilanjutkan dengan tes ketangkasan renang bertempat di kolam renang Tirtonadi Blora yang berlokasi di Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora.

Kudnadi Saputro