Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha (kiri), melantik sebanyak 125 personel PPK di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diminta untuk bekerja lebih keras, cerdas dan ikhlas.

Permintaan ini, Kamis (16/5), disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Satya Graha, saat melantik PPK se Kabupaten Wonogiri. Upacara pelantikan digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Jumlah personel yang dilantik sebanyak 125 dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Upacara pelantikan ditandai pula dengan pengucapan Pakta Integritas oleh semua personel PPK. Tampil memandu pengucapan Pakta Intergritas, Alvian Crisnha Sulistianto dari PPK Sidoharjo, Wonogiri. Kemudian ditandai dengan penandatangan berita acara pelantikan.

Ikut hadir memberikan sambutan, Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno dan Bupati Joko Sutopo. Juga hadir Ketua dan Anggota Bawaslu, jajaran Forkompimda, para pejabat teras Pemkab, pimpinan dinas dan instansi, para camat bersama Danramil dan Kapolsek se Kabupaten Wonogiri.

PPK, tandas Ketua KPU Wonogiri Satya Graha, adalah badan ad hock bentukan KPU. Ketika mengambil langkah dan kebijakan, harus bersifat kolektif kolegial. Keputusan dan langkah kebijakannya, harus melalui rembug bareng (suara bersama).

Tri Dharma

Pada bagian lain, Satya Graha, berpesan, agar para personel PPK bersikap murah senyum. Baik kepada peserta Pilgub dan Pilbup maupun kepada pemilih dan masyarakat. Karakter murah senyum harus dikedepankan, karena PPK merupakan lembaga pelayanan.

Bila terjadi masalah, cepat selesaikan di tingkat kecamatan. ”Segera lakukan koordinasi dengan Camat,” tegas Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha. Karena dua hari lagi, PPK harus sudah membentuk PPS (Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan se Kabupaten Wonogiri.

Bersamaan itu, kepada para personel PPK se Kabupaten Wonogiri, diminta harus segera melakukan Coklit (Pencocokan Penilitia) terhadap akurasi data pemilih di masing-masing kecamatan.

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, mengajak semua personel PPK bersama KPU menyalakan api integritas dalam upaya menciptakan sejarah suksesnya Pilbup dan Pilgub yang dilakukan serentak. Dengan melandasi semboyan Tri Dharma dari RM Said Pangeran Sambernyawa. Yakni rumangsa melu handarbeni, wajib melu hangrungkebi dan mulat sarira hangrasa wani (Ikut meras memiliki, Ikut memberikan pembelaan dan Introspeksi mawas diri).

Pada awal acara, hadirin diputarkan rekaman video Jingle KPU Kabupaten Wonogiri ”Tri Dharma” terkait pelaksanaan serentak Pilgup Jateng dan Pilbup Wonogiri 2024.
Bambang Pur