Tim PkM Teknik Sipil USM, saat memberikan contoh penggunaan IPAL yang baik dan benar, di Desa Leyangan, Kabupaten Grobogan. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Teknik Sipil Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pendampingan teknis pemeliharaan struktur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), di Desa Leyangan, Kabupaten Grobogan. Pelaksanaan pendampingan ini dilakukan di Gedung Pertemuan Desa Leyangan, dan beberapa rumah warga.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Bagus Acung Billahi ST MT, anggota Ir Kukuh Wisnuaji Widiatmoko ST MT, dan Ir Faizal Mahmud ST MT. IPAL sendiri merupakan sarana untuk mengolah limbah cair, seperti contoh dari limbah WC dan kamar mandi.

Dalam keterangannya, Bagus Acung mengatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan berbasis teknik, yang dapat digunakan dalam pemeliharaan fasilitas IPAL, sehingga pengolahan yang dihasilkan akan tetap optimal.

BACA JUGA: Prodi Ilkom USM Punya Sistem Pembelajaran Libatkan Industri Profesional

Menurutnya, PkM kali ini menyasar masyarakat yang berada di desa, agar wawasan mengenai struktur IPAL lebih meningkat.

”Kami memberikan materi kepada masyarakat, berupa cara pemeliharaan IPAL yang baik dan benar. Selain itu, komponen-komponen struktur IPAL, serta kelebihan dan kekurangan dari struktur itu,” katanya.

Kegiatan ini ternyata mendapat respons positif dari warga dan Kepala Desa Leyangan, Jatmiko. ”Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian bapak dan ibu dosen USM. Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujar Jatmiko.

Riyan