Para mahasiswa Ilkom USM, berfoto bersama usai memberikan pelatihan digital marketing kepada siswa kelas XI DKV 1 SMKN 8 Semarang, Senin (13/5/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan digital marketing strategi guna membuat konten yang optimal, kepada siswa kelas XI DKV 1 SMKN 8 Semarang, Senin (13/5/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Laboratorium Komputer SMKN 8 Semarang itu, merupakan program pengabdian kepada masyarakat, yang dibimbing Dosen Ilmu Komunikasi USM, Yoma Bagus Pamungkas.

Tim pengabdian kepada masyarakat itu terdiri dari Abid Dawamullatif, Iktifar Sukma Nanda, Ananda Putri Febriana, Aura Adzroo Anggulia, Septiani Ayu Wulandari, Dila Aenazaena Alislam, Gentha Jagad Bagaskara, Hendry Susanto, dan Akbar Maulana.

BACA JUGA: Rektor USM Dikukuhkan sebagai Dewan Kehormatan Daerah Peradi Kota Semarang

Ketua Pelaksana, Abib Dawamullatif mengatakan, tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman para siswa, dalam membuat konten yang dapat menarik audiens, membimbing siswa agar mempunyai portofolio dan softskill, guna menunjang keberhasilan mereka saat memasuki dunia kerja.

”Penting bagi kita untuk menentukan niche dan hook, untuk konten yang kita buat. Ini agar pesan yang kita sampaikan efektif, dan bisa diterima dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut, Abib menjelaskan, dalam kegiatan itu timnya memberikan pengetahuan guna mempersiapkan para siswa untuk memahami dan menguasai konsep penting dalam pengoptimalan konten, serta digital marketing.

BACA JUGA: Tim PkM FE USM Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan UMKM

”Dengan begitu, para siswa dapat menghadapi perubahan dan tantangan yang terjadi di era digital,” jelasnya. Tak hanya menjadi Ketua Pelaksana, Abib juga memberikan materi bersama dengan rekannya, Iktifar Sukma Nanda.

Selain penyampaian materi, dalam kegiatan ini juga disertai dengan praktik langsung, yang dilakukan para siswa, seperti berbicara di depan kamera untuk mempromosikan produknya.

Abib berharap, pelatihan ini dapat menambah wawasan para siswa dalam membuat konten, serta dapat membangun softskill yang kuat bagi para siswa.

Riyan