Ilustrasi gatal pada tenggorokan. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu merasakan gatal pada tenggorokan? Cara mengatasi tenggorokan gatal bisa dilakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Berbagai cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah maupun dengan mengkonsumsi obat medis.

Tenggorokan gatal umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, sebab akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Melansir dari Alodokter, tenggorokan gatal bisa menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman. Untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara, yuk simak!

1. Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Cukupi kebutuhan cairan setiap harinya.

3. Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum minuman beralkohol, secara berlebihan.

4. Jaga kelembapan udara di dalam ruangan, misalnya dengan menggunakan pelembap ruangan atau humidifer.

5. Cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir.

6. Hindari paparan dengan pemicu alergi, misalnya kacang atau makanan pemicu alergi yang lain, debu, bulu hewan, dan polusi udara.

Meski beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal bisa dilakukan secara mandiri, kamu sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter bila keluhan tidak juga membaik selama lebih dari 5 hari.

Pemeriksaan juga perlu dilakukan jika tenggorokan gatal disertai dengan nyeri saat menelan, tenggorokan merah dan bengkak, terdapat bercak putih di tenggorokan, demam, dan sesak napas.

Dengan begitu, dokter dapat memastikan penyebab kondisi yang kamu alami, dan menyarankan cara mengatasi tenggorokan gatal yang sesuai.

Ning S