JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai wujud komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan, PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B memberikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa pembangunan tempat sekretariat dan edukasi budidaya bandeng di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani bandeng di desa tersebut.

Kegiatan TJSL ini merupakan bagian dari Program Kampung Bandeng Desa Ujungwatu yang tercantum dalam program kerja TJSL PLN UIK Tanjung Jati B Tahun 2024. Program ini mendukung konservasi dan menjaga keberlanjutan ekosistem laut di kawasan pesisir Jepara, memberdayakan masyarakat pesisir melalui pengembangan budidaya ikan bandeng yang berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir Desa Ujungwatu.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah operasional kami,” ujar Dony Ocniza, General Manager PLN UIK Tanjung Jati B. “Melalui bantuan pembangunan tempat sekretariat dan edukasi budidaya bandeng ini, kami berharap dapat meningkatkan produktivitas petani bandeng dan menciptakan kemandirian bagi kelompok-kelompok petani di Desa Ujungwatu.”

Bantuan TJSL ini fokus kepada dua kelompok petani bandeng di Desa Ujungwatu, yaitu Kelompok Mekar Jaya dan Kelompok Sido Maju II. Dengan adanya tempat sekretariat dan edukasi, kelompok-kelompok ini akan memiliki fasilitas yang memadai untuk mengelola administrasi, melakukan pertemuan, dan mendapatkan pelatihan serta pendampingan terkait budidaya bandeng yang berkelanjutan.

PLN UIK Tanjung Jati B percaya bahwa kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat merupakan kunci dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Melalui program TJSL ini, PLN UIK Tanjung Jati B juga berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir dan meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir di Kabupaten Jepara. Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud nyata peran aktif perusahaan dalam mendukung upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Hadepe