blank
Ade Bhakti Ariawan mengambil formulir pendaftaran bakal calon di Kantor DPC PDIP Kota Semarang, Jumat (10/5/2024). Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sekretaris Damkar Kota Semarang, Ade Bhakti Ariawan, akhirnya maju dalam kontestasi Pilwakot Semarang yang akan digelar pada akhir November 2024.

Jumat (10/5/2024) sore, Ade datang ke Kantor DPC PDIP Kota Semarang untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon dalam Pilwakot melalui jalur rekomendasi partai.

Tak sendiri, Ade datang bersama rombongan sekitar 30-an orang yang tergabung dalam 234 SC (solidarity community) Semarang dan diterima langsung oleh Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman.

“Saya siap mundur dari aparatur sipil negara (ASN) jika mendapat rekomendasi dari partai dan telah ditetapkan sebagai calon oleh KPU, aturannya KPU begitu,” kata Ade saat diwawancarai wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, Ade mengaku dirinya berminat mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Semarang karena beralasan kesempatannya lebih terbuka lantaran dirinya bukan berasal dari kader (kandidat eksternal nonparpol).

“Saya sadar diri tidak mengambil bakal calon Wali Kota Semarang. Wakil itu bukan hanya awak sikil, maka harapannya apa yang ada di pikiran saya bisa memberi masukan ke Wali Kota,” katanya.

Disinggung soal komunikasi dengan partai politik (parpol) lain, Ade mengaku bahwa sebelumnya dirinya telah berkomunikasi dengan parpol – parpol lain, namun pilihan akhirnya dirinya memutuskan ke PDIP.

“Motivasi saya ikut di Pilwakot ini karena ingin memberikan manfaat lebih luas untuk kepentingan masyarakat. Saya sendiri berasal dari warga pinggiran, rumah orangtua saya di perbatasan Kota Semarang dan petani, saya pikir ingin memberi manfaat dengan kesempatan yang saya dapat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang yang juga panitia pendaftaran bakal calon, Kadarlusman, mengatakan, hingga hari Jumat sudah ada sembilan orang yang datang mengambil formulir pendaftaran untuk bakal calon wali kota/wakil wali kota.

“Terakhir besok Sabtu (11/5/2024) diperkirakan ramai, karena sudah ada beberapa orang yang akan datang mengambil formulir pendaftaran, besok kita buka pagi hingga pukul 24.00 malam,” kata politisi yang biasa disapa Pilus ini.

Hery Priyono