blank
Persaingan di kelompok pelajar SMA pada babak semifinal cukup ketat. Secara teknik, kualitas permainan para pemain merata. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Unggulan pertama tunggal putra, M Hidayat Abiyyi dari SMAN 1 Semarang, melengang ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open 2024, di Gelora USM, Rabu (8/5/2024).

Sukses Abiyyi diraih, setelah sebelumnya menghentikan perlawanan Hibriza Ahmada Fawwaz Marzuki (SMA Bumi Cendekia) dengan skor 21-8, 21-18. Di semifinal, Abiyyi akan ditantang Daneswara Fachri Banoeadji (SMA Laboratorium Upgris) setelah berhasil menundukkan Fabian Rizqy Nugraha (SMAN 1 Sleman) dengan skor 20-22, 21-8, 21-19.

Sementara itu, unggulan kedua, Idham Kholid Mustofa (SMA Islam 3 Pakem Yogyakarta) juga sukses ke semifinal, setelah menang atas Ridhwan (SMAN 2 Mranggen) dengan skor 21-14, 21-14.

BACA JUGA: USM Open 2024: Ganda Campuran USM ke Semifinal

Di kelompok tunggal putri universitas, pemain dari Universitas Negeri Sunan Kalijaga, Natiqotul Wardah Filkaromah, berhasil menghentikan perlawanan pemain tuan rumah USM, Inne Rahmatia dengan skor 21-9, 21-5.

Keberhasilan itu menghantarkan Wardah melaju ke semifinal. Di semifinal yang dimainkan Kamis (9/5/2024) siang ini, Wardah akan bertemu Chrissa Laurent Pascoal (Undip), yang sebelumnya menang atas Cynthiagustin Cahya Kartika (Universitas Raden Mas Said Surakarta) dengan skor 21-7, 21-6.

Partai semifinal lainnya mempertemukan antara Septia Ningrum Rahmadani (UNS) dan Andien Kirana Widjanarko (Atma Jaya Yogyakarta). Septia lolos ke semifinal setelah berhasil menghentikan unggulan kedua, Meylissa Dwi Auliya (USM) dengan skor 21-16, 21-19. Sedangkan Andien mengalahkan Salsabila Rahmadina Winsadin (Undip) dengan skor 21-11, 21-7.

BACA JUGA: Konser Drew Tucker and The New Standard di UKSW, Rayakan Kemitraan Indonesia-AS dalam Musik

Ketua Panitia, Muhaimin mengatakan, persaingan di kelompok pelajar SMA cukup ketat. Secara teknik, kualitas permainan para pemain merata.

”Tujuan kejuaraan antarpelajar SMA ini antara lain, memasilitasi para siswa untuk mengasah kemampuannya. Selain itu juga, memperkenalkan USM dengan fasilitas yang representatif kepada para siswa SMA. Jika di antara mereka nanti memilih USM untuk kuliah, pilihannya tidak salah, karena USM memang membekali para mahasiswa yang nantinya siap bersaing di dunia kerja,” ungkapnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasinya kepada Bank Jateng, Djarum Foundation, dan Bank BRI yang telah mendukung kejuaraan USM Open 2024 ini.

Riyan