Ketum KONI Jateng (kedua dari kiri), memberikan arahan pada atlet Wushu, yang ditargetnya untuk mendulang semas sebayak-banyaknya di PON XXI Aceh-Sumut. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Harian Pengprov WI (Wushu) Jawa Tengah, Sudarsono mengatakan, pihaknya siap memenuhi target dari KONI Jateng, untuk meningkatkan perolehan medali di PON XXI, yang digelar di Aceh-Sumatera Utara, pada September 2024 mendatang.

Kesiapan itu seperti yang disampaikannya, saat menerima kehadiran Ketua umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, yang melakukan monitoring ke Pelatda Wushu Jateng, Selasa (7/5/2024).

Pelatda Wushu Jateng sendiri digelar di dua tempat. Untuk Nomor Sanda digelar di Wisma Wushu, Kawasan Marina, Semarang. Sedangkan untuk nomor Taulo, atlet Jateng yang mengikuti Pelatda berlatih di Sasana Garuda Emas, yang ada di Jalan Madukoro Raya, Semarang.

BACA JUGA: Enam Medali Emas PON XXI Jadi Incaran IPSI Jateng

”Kita siap untuk berusaha memenuhi target KONI Jateng. Bahkan jika memungkinkan, kita akan berupaya untuk melampauinya,” kata Sudarsono.

Diakui dia, banyak potensi atlet Wushu Jateng yang diperkirakan bisa membuat kejutan di PON nanti. Seperti diketahui, saat melakukan monitoring cabor wushu di Wisma Wushu Kawasan Marina Semarang, Bona meminta pada para atlet, membalikkan perolehan medali yang didapat saat tampil di PON Papua, untuk berubah saat di PON Aceh-Sumut.

Di PON Papua, cabor Wushu mendapatkan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu. Dan ini diminta Bona untuk diubah dengan target 5 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

BACA JUGA: Pemkab Buton Tengah Belajar Budi Daya Udang Berbasis Kawasan di Kebumen

”Saya kira ini target yang cukup realistis, jika melihat hasil Babak Kualifikasi PON lalu, perkembangan atlet, dan hasil monitoring timnya terhadap lawan-lawan kita nanti,” ungkap dia.

Sementara itu, Manajer Tim Wushu Jateng, M Zaenuri menambahkan, pihaknya saat ini telah mempelatdakan lebih banyak atlet dan pelatih, dari yang ditetapkan KONI Jateng.

Disebutkan dia, pihaknya mendapatkan kuota dari KONI Jateng sebanyak 26 atlet dan enam pelatih. Rinciannya, 11 atlet akan turun di nomor Sanda, dan 15 atlet lain bermain di nomor Taulo. Sedangkan untuk pelatih, kuota KONI Jateng sebanyak, 4 pelatih dan 2 asisten pelatih.

BACA JUGA: KAI Daop 4 Siapkan 86 Ribu Tempat Duduk KA Selama Long Weekend Libur Kenaikan Yesus Kristus

”Jumlah ini sesuai dengan atlet yang lolos babak kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024, dimana Jateng meraih emas, 2 perak dan 5 perunggu. Namun kami saat ini mempelatdakan 29 atlet dan 8 pelatih, plus satu pelatih sekelas Nasional yaitu Lindswell Kwok,” ungkap Zaenuri.

Lindswell sendiri memang memiliki spesialisasi nomor Taulo, Taijiquan. Dia akan menangani secara khusus para atlet wushu nomor itu. Khusus untuk merealisasikan itu, Pengprov WI Jateng mendatangkan Lindswell Kwok secara khusus.

”Semoga semua upaya yang telah dilakukan Pak Daniel (Daniel Budi Setiawan-Ketua Pengrpov Wushu Jateng), bisa membuahkan hasil maksimal,” harap dia.

Selain nomor Taiji yang digadang-gadang bisa meraih emas, ada pula empat emas lain yang diharapkan berasal dari nomor Sanda. Keempat emas itu diincar dari nomor 52 kg putra, 75 kg putra, 60 kg putri dan 52 kg putri.

Riyan