blank
Pj Bupati Jepara terima cinderamata dari delegasi Malaysiav

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara menerima kunjungan kehormatan dari lembaga perindustrian kayu Malaysia, (Malaysian Timber Industry Board) dalam rangka menimba ilmu dan bertukar pandangan bagi pembangunan di sektor industri. Bertempat di Pendopo R.A. Kartini Jepara, Rabu (08/05/2024)

Rimbongan tersebut diterima , Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Kepala Perangkat Daerah terkait, Para Asosiasi Industri dan Profesi (Kadin, Hipmi, APKJ, Asephi), utusan Lembaga Perindustrian Kayu Malaysia serta tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutanya Pj. Bupati Jepara mengucapkan terima kasih atas lawatanya di Jepara serta pengakuan atas posisi jepara sebagai The World Carving Center.
“Kami mengekspor produk ukiran dan furniture dari kayu ke hampir 100 negara, nilai ekspor produk ini paling dominan di antara seluruh komoditas ekspor dari jepara,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa total nilai ekspor Jepara adalah 659,2 juta dolar Amerika Serikat (AS). Dari jumlah itu, 302,7 Juta dolar diantaranya, disumbang oleh produk furniture dari kayu. Selain itu masih ada produk Handycraft dari kayu 5,8 juta dolar dan kayu olahan 10,6 juta dolar.
“Dengan kontribusi industri ukir dan furniture dari kayu sebagai pilar utama perekonomian daerah jepara, mencata pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari rata-rata provinsi jawa tengah dan nasional,” ucapnya.

Sementara itu pimpinan rombongan sekaligus direktur Malaysian Timber Industry Board, Norazli bin Ismail mengatakan industri pengolahan kayu di malaysia saat ini sedang bertumbuh dan berhasrat untuk perkembangan terkini produksi kayu di indonesia.
“Tujuan kami hadir disini ialah menimba ilmu dan bertukar pandangan bagi pembangunan ekonomi,”katanya.
Ia juga mengatakan indonesia merupakan negara pengimport ke 2 terbesar dalam produk kayu.
“Saya berharap agar kedepanya dapat kita bangun kerjasama antara agensi-agensi ke 2 negara,”tutupnya.

Sindi – Kmf