Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melepas peserta tauring dalam rangka peringatan May Day. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati 1 Mei setiap tahun sebagai bentuk penghargaan bagi buruh di seluruh dunia atas perjuangan yang telah dilakukan.

Guna menyemaraka hari buruh, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi (Disnakerintrans) Wonosobo bersama Aliansi Serikat Pekerja (ASP), menggelar “Touring Bersama” para pekerja, ASN dan swasta ke Gunung Lanang, Mergolangu, Kalibawang, Rabu (1/5/2024).

Bupati Afif Nurhidayat, yang akrap disapa Mas Afif dalam pelepasan para peserta di Kantor Disnakerintrans menyampaikan baik pemberi kerja maupun pekerja harus saling mengisi satu sama lain secara proporsional agar terjalin sebuah kenyamanan dalam bekerja.

“Jadi, prinsipnya adalah musyawarah, tanamkan dalam benak bahwa perusahaan kita adalah rumah bernaung bagi kita, rumah yang melayani kita karena disitu tempat kita mencari nafkah untuk keluarga, semua harus dijalani dengan perasaan yang bahagia,” ungkapnya.

Menurutnya, hari buruh harus dimaknai sebagai bentuk koordinasi yang baik antar semua stakeholder, sehingga menjadi sebuah penghargaan atas rasa kebersamaan dan kerjasama secara kolektif.

Jalin Komunikasi

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat sambutan dalam peringatan May Day. Foto : SB/dok Prokompim

“Mari berbagi dorong bersama-sama. Pemerintah akan memfasilitasi dan melayani melalui Disnaketintrans ini juga menjadi rumah besar bersama antar pekerja dan pemberi kerja dalam berkoordinasi. Jalin komunikasi yang bersahabat untuk keberlangsungan hajat semuanya,” terang Mas Afif.

Sementara itu, Ketua ASP Kabupaten Wonosobo Andreas Suroso mengatakan bahwa ini dapat mempererat tali silaturahmi bagi semua yang terlibat dalam keberlangsungan urusan pekerjaan.

“Ini menjadi ajang komunikasi yang interaktif dan solid antar pekerja dengan pekerja, antar pekerja dengan pemberi kerja dan antar pekerja dengan pemerintah daerah,” jelas Andreas.

Lebih lanjut, Andrias menambahkan bahwa peringatan May Day 2014 ini tidak hanya diisi dengan agenda touring tetapi turut memberdayakan beberapa stakeholder lain dalam rangka berdaya bersama secara kompeten.

“Sesuai tema may ray 2024 yakni Karya Bersama Wujudkan Pekerja yang Kompeten, kami melibatkan beberapa stakeholder untuk jalinan kebersamaan. Acara may day juga diwarnai dengan donor darah dan cek kesehatan gratis, penanaman pohon hingga Bazzar UMKM,” imbuhnya.

Muharno Zarka