blank
Ilustrasi madu (salah satu bahan penghilang bekas jerawat). Foto: Dok/PNGWing

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu yang memiliki bekas jerawat hitam di wajah, tak perlu resah lagi. Jerawat kebanyakan akan meninggalkan bekas hitam pada kulit yang bisa mengganggu penampilan kamu.

Ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami agar tidak menyebabkan efek samping pada kesehatan kulit.

Mengutip dari Halodoc, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang tepat untuk semua jenis kulit. Ketika jerawat membaik, sel-sel kulit baru akan terbentuk untuk membantu pemulihan permukaan kulit. Akan tetapi, munculnya sel kulit baru bisa mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin merupakan zat pemberi warna pada kulit. Ketika jumlah melanin terlalu banyak pada kulit, maka dapat memicu bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini terkenal juga dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Jika semakin bertambah banyak, kondisi ini bisa memicu kondisi stres hingga penurunan rasa percaya diri.

Ada beberapa metode yang berguna untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti menggunakan skincare yang tepat dan bahan alami. Namun jika kamu ingin mencoba berbagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa mencobanya seperti di bawah ini!

1. Lemon

Lemon efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat ampuh sebagai penghilang bekas jerawat.

Selain mengonsumsi suplemen vitamin C, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai masker wajah. Begin cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari menggunakan lemon.

Campurkan setengah gelas air dengan dua sendok air lemon.
Oleskan pada wajah sebanyak 2-3 kali dalam satu hari.
Diamkan hingga masker mengering kemudian bilas dengan air.
Setelah itu, gunakan pelembap wajah agar kulit tetap lembap.
Jika kamu memiliki kulit sensitif dan kering, sebaiknya jangan gunakan masker ini. Penggunaan air lemon berisiko memicu iritasi pada kulit.

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari lidah buaya. Salah satunya untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah.

Penghilang bekas jerawat ini mengandung asam salisilat dan belerang, yang berfungsi meredakan kemerahan dan bekas jerawat. Penggunaannya yang rutin mampu memudarkan bekas jerawat, sehingga kulit akan menjadi lebih cerah. Berikut cara memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat:

Potong sepotong kecil lidah buaya dan ambil gelnya.
Oleskan gel lidah buaya langsung ke bekas jerawat.
Biarkan gel tersebut mengering pada kulit.
Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik.