Serka Maryadi dari Koramil-03 dan personel Polsek Ngadirojo Aiptu Lisdiarto, tampil mengamankan pentas reog untuk memeriahkan perayaan lebaran dan halalbihalal di Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sejumlah komunitas masyarakat di Kabupaten Wonogiri, menggelar perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M dan halalbihalal. Untuk memeriahkannya, ditampilkan pula aneka kesenian tradisional, seperti reog, jatilan, ketoprak dan wayang kulit.

Dipilihnya kesenian tradisional, ini terkait dengan upaya ikut nguri-uri (melestarikan) budaya Nusantara peninggalan nenek moyang. Juga menjadi obat rindu, utamanya bagi para perantau (kaum boro) yang mudik di hari raya Lebaran Idul Fitri.

Danramil-03/Ngadirojo Kapten (Arm) Agus Setyono melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Minggu (14/4), mengabarkan, perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M masyarakat Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dimeriahkan dengan kesenian reog dan jathilan. Lokasinya di Taman Nunggak Semi. Pengamanannya, dilakukan Serka Maryadi bersama Aiptu Lisdiarto.

Masyarakat Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, memeriahkan perayaan Lebaran dan halalbihalal dengan kesenian reog dan wayang kulit semalam suntuk. Group Reog Singa Maruto, tampil menyajikan sendratari sejarah Dumadining (asal muasal) reog. Untuk pentas wayang kulit semalam suntuk, menyajikan lakon Gatutkaca Winisuda.

Kaum Boro

Perayaan Lebaran dan halalbihalal warga Dusun Setronombo, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, dimeriahkan wayang kulit semalam suntuk. Menampilkan dalang Ki Anom Dwijokangko SSn, denan guest star (bintang tamu) pelawak Uncek Sanusi, Gareng Tralala, Eka Uget-uget.

Di Desa Semen, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, dalam memeriahkan Syawalan, digelar pentas kesenian ketoprak 3 malam berturut-turut. Yakni mulai Minggu (21/4) sampai dengan Selasa (23/4) mendatang, oleh para seniman ketoprak dari Group Ngesti Budaya.

Sementara itu, komunitas masyarakat perantau (kaum boro) yang tergabung dalam Paguyuban Keluarga Manyaran Jakarta (PKMJ), menggelar wayang kulit semalam suntuk. Lokasinya di Lapangan Desa Kepuhsari (Desa Wayang), Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Menampilkan dalang Ki Wahyu Pastowo dari Yogyakarta dengan lakon Begawan Bima Suci.

Masyarakat Dusun Tobong, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, memeriahkan perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M dengan menampilkan aneka kesenian tradisional. Yakni Jatilan dari Group Turonggo Birowo, bersama kesenian bambu Deling Sinangling, dan Orkes Dangdut. Lokasinya di objek wisata Watu Plenuk, dengan menyediakan beragam doorprize. Diantaranya, hadiah utama seekor kambing.
Bambang Pur