Nasi Kebuli Aljazuli porsi nampan. Request daging kambing maupun daging ayam.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Masakan khas di hari raya Idul Fitri biasa identik dengan opor ayam, lontong atau ketupat. Kudapan berbahan santan ini kurang afdhol jika tidak dhidangkan di hari pertama lebaran.

Porsi lunch box harga Rp. 22 ribu.

Namun di hari kedua Idul Fitri biasanya masyarakat akan mencari makanan alternatif selain opor. Bakso atau mie ayam menjadi salah satu favorit. Biasanya mereka sudah merasa bosan atau eneg dalam istilah Jawa ‘mblenger’ karena terlalu banyak makan opor.

Namun kini ada kuliner alternatif sebagai penawar rasa santan opor yang kadang sangat melekat di mulut. Kuliner tersebut adalah ‘Nasi Kebuli’.

Proses pembuatan.

Meskipun nasi kebuli identik dengan masakan Timur Tengah, namun dengan bahan rempah yang sangat melimpah di Indonesia, nasi kebuli bisa dengan mudah dibuat oleh ibu rumah tangga.

Salah satu usaha rumahan yang dikelola oleh seorang ibu rumah tangga bernama Yulia ini menerima pesanan nasi kebuli. Dengan merk dagang bernama ‘Nasi Kebuli Aljazuli’ pembuatan nasi kebuli ini beralamat di Desa Tahunan, RT 4 RW 6 Tendoksari, Jepara.

“Omzet di bulan Ramadhan biasanya meningkat dua kali lipat dari hari-hari biasa. Bahkan pesanan datang untuk acara Halal bi Halal”, kata Yulia, kepada suarabaru.id, Senin, (8/4/2024).

Dengan daging ekstra.

“Cara membuatnya sebenarnya  sederhana kok. Karena bahan-bahannya mudah kita dapatkan. Ada daun sere, kapulaga, cengkeh, daun salam, bawang merah bawang putih, merica dll kita tumbuk jadi satu”, lanjutnya.

“Cara memasaknya sama seperti kita menanak nasi. Semua bumbu kita masukan ke dalam rice cooker yang sudah ada berasnya. Masukan dagingnya sesuai selera, bisa daging sapi, kambing, atau daging ayam. Kita aduk merata dan tunggu nasinya matang. Nasi kebuli siap disajikan” terang Yulia.

Bumbu nasi kebuli siap saji. harga Rp. 25ribu.

Bisnis rumahan yang sudah digelutinya beberapa tahun yang lalu ini sudah terdaftar sebagai produk makanan halal dan sudah tersertifikasi. Yulia mengaku omzet di bulan Ramadhan tahun ini sangat besar. “Alhamdulillah cukup untuk kebutuhan hari raya. Tanggal 13 April nanti kita mendapatkan pesanan 13 porsi nampan dan 70 porsi lunch box untuk acara halal bi halal”, pungkasnya.

Ekstra daging ayam.

Info pemesanan Nasi Kebuli Aljazuli bisa melalui kontak WhatsApp 085326736428. Bisa pesan menggunakan beras lokal maupun basmati (beras impor). Porsi yang tersedia adalah porsi nampan dengan harga 130 ribu, lunch box 22 ribu. Kita juga melayani pesanan kiloan untuk hajatan dan acara-acara besar. Tersedia juga bumbu nasi kebuli siap saji dengan harga 25 ribu.

ua