blank
Bagi para pelancong yang datang ke Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, dapat berekreasi dengan melakukan pelayaran di perairan yang legendaris karena menenggelamkan 65 desa tersebut. Tersedia sebanyak 30 unit perahu wisata.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gebyar Wisata Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, kali ini akan hadir dalam warna yang lebih semarak. Utamanya, setelah dilakukan serangkaian pembenahan fasilitas rekreasi yang dilakukan secara multi years sejak beberapa tahun terakhir ini.

Agenda Gebyar Lebaran Waduk Gajahmungkur Wonogiri tahun ini, dijadwalkan berlangsung selama 6 hari. Dimulai Rabu (10/4) atau Hari Lebaran Pertama, sampai dengan Hari Senin (15/4) mendatang berkait dengan perayaan Bakda Ketupat. Lokasinya dipusatkan di Pantai Sendang Asri (sekitar Kilometer 8 tepi ruas jalan raya Wonogiri-Wuryantoro)

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardianto. ”Selama Gebyar Lebaran tersebut, kami menargetkan sebanyak 35 ribu pengunjung,” jelas Pardianto.

Selama agenda Gebyar Wisata Lebaran berlangsung, di panggung hiburan objek wisata Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, akan disajikan atraksi tambahan panggung musik. Menyajikan beragam tembang seperti lagu-lagu pop yang sedang ngehit, aneka nyanyian campursari, dangdut irama orkes melayu dan dangdut koplo yang banyak digandrungi kawula muda.

Harapannya, para pelancong yang berekreasi ke wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri, dapat terhibur dengan sajian aneka musik beragam genre tersebut. Mereka bebas bergoyang di pelataran depan panggung utama. Sekaligus ikut mendendangkan alunan nyanyian yang tengah dilantunkan oleh para budianita di panggung.

Bagi pelancong yang ingin berekreasi dengan perahu, disediakan sebanyak 30 unit perahu wisata. Kemudian yang ingin menikmati pemandangan sepanjang bibir tepi perairan, dapat naik Kereta Kelinci Sepur Anti Galau. Untuk pengamanan pelayaran di perairan Waduk Gajahmungkur, Polres Wonogiri memperoleh bantuan personel dari Polairud.

”Harga tiket selama Gebyar Lebaran Idul Fitri Rp 25 ribu per orang,” jelas Kepala UPTD Wisata Wonogiri, Pardianto. Untuk agenda tradisi nyebar kupat, rencananya akan digelar Minggu (14/4) atau pada hari ke kelima penyelenggaraan Gebyar Wisata Lebaran Waduk Gajahmungkur.
Bambang Pur