blank
BERDIALOG - Pj Walikota Tegal, Nana Sudjana berdialog dan melepas pemudik. (Foto: Istimewa)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menyapa warga Kota Tegal yang akan melaksanakan mudik lebaran gratis bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah, Bank Jateng, PT Jasa Raharja, Baznas Provinsi Jawa Tengah, PT Semen Gresik, Perumnas dan Perkumpulan Perantau Jawa Tengah Se-Jabodetabek Tahun 2024 yang bertemakan ‘Mudik Kangen, Balik Seneng.

Pj Walkot yang diampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal, Abdul Kadir kemudian ikut melepas rombongan pemudik yang akan menuju 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Museum Purna Bhakti, Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (6/4) siang.

Dalam kesempatan tersebut Pj Wali Kota Tegal menyalami dan berbincang dengan para pemudik dari Kota Tegal yang akan mudik menggunakan dua armada bus bantuan Pemkot Tegal dan dua bus bantuan Bank Jateng dengan total penumpang sebanyak 200-an orang.

Ia juga mengimbau kepada para pemudik untuk tidak boros dalam berbelanja. “Jadi nanti begitu sampai, saya harap hasil yang satu tahun jangan terus belanja macam-macam. Jangan boros,” ujar Dadang.

Dalam kesempatan itu, Dadang pun mengingatkan para perantau untuk pulang kembali saat Pemilu Gubernur dan Wali Kota bulan November mendatang, agar tingkat partisipasi politik warga Kota Tegal meningkat.

Terkait suasana lebaran yang berdekatan dengan momen Hari Jadi ke-444 Kota Tegal yang jatuh pada tanggal 12 April 2024, Pj. Walkot mengingatkan pemudik agar tidak lupa. Pj. Walkot juga menyampaikan tema Hari Jadi Kota Tegal tahun 2024, Tegal Bungah Gawe Berkah.

Tak lupa Dadang mendo’akan para mudik agar selamat sampai tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga untuk merayakan lebaran.

Lebih lanjut Dadang menyampaikan terima kasih kepada para pemudik yang sudah ikut membangun Kota Tegal. “Ini masih suasana Ramadan, selamat menjalankan Ibadah Puasa dan berapa hari lagi lebaran. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Dadang.

Sementara itu Pj Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa mudik gratis ini sudah dilaksanakan rutin setiap tahun dan akan terus ditingkatkan. “Kegiatan mudik gratis ini disediakan untuk seluruh warga Jawa Tengah di Jabodetabek dan kita fasilitasi bagi masyarakat Jawa Tengah yang bekerja di sektor informal agar mendapatkan sarana mudik yang secara pasti, mudah, aman dan nyaman,” ujar Nana Sudjana.

Lebih lanjut Pj Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa hari ini pihaknya melepas 239 armada bus dengan kapasitas jumlah penumpang sekitar 11.750 dan ditambah dengan yang ada di Bandung sebanyak 17 bus dengan kapasitas penumpang 850 orang. “Total 256 bus dengan jumlah penumpang 12.600,” pungkas Nana Sudjana.

Sutrisno