Camat Donorojo Widiyantoro,SE,MM saat menerima cinderamata dari panitia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pekan Kemah Bhakti Dhamma Pemuda Theravada Indonesia se Eks Karisidenan Pati kembali di gelar di Desa Blinggoh, Kecamatan  Donorojo, Jepara. Acara dibuka oleh Pj Bupati Jepara yang diwakili Camat Donorojo  Widiyantoro,SE,MM Sabtu (6/4-2024). Adapun tema kegiatan tersebut adalah “Menuju Pemuda Buddhis yang Kreatif, Inovatif dan Optimis”

Pada kesempatan itu hadir Forkopincam, Perwakilan Pemerintah Desa, DPP PATRIA, DPW PATRIA Jawa Tengah, DPC PATRIA Kabupaten Jepara, Ketua Wandani Jepara, Ketua Maga Bodhi Jepara, Penyuluh Agama Budha, Juga segenap peserta yaitu Pemuda Buddhis dari masing-masing masing Vihara SE  eks Karesidenan Pati, yaitu Kudus, Jepara, Pati, Blora dan Rembang.

Dalam sambutannya Camat Donorojo Widiyantoro,SE,MM menyampaikan pesan kepada para pemuda Buddhis peserta Kemah Bhakti bahwa pemuda adalah penerus pemimpin bangsa.  “Oleh karena itu tema kegiatan hendaknya memberikan motivasi peserta untuk untuk mengimplementasikannya untuk menjawab tantangan ke depan,” pintanya

Ia juga menjelaskan slogan yang berlaku di Kecamatan Donorojo yaitu “siap makaryo” . “Kepada siapa saja yang menginjakkan kakinya di bumi Donorojo harus siap berkarya memayu Hayuning bawono,” ujar  Widiyantoro

Widiyantoro juga memperkenalkan falsafah “JEMPOL” yang diterapkan dalam kepemimpinan di Kecamatan Donorojo yang merupakan singkatan Jujur (menjunjung tinggi kejujuran), Entengan ( ringan tangan untuk berkarya), Manut (taat aturan), Panutan (menjadi suri teladan ) Ojo Dumeh (jangan merasa yang paling) dan Lomo (suka berbagi tidak pelit)

Widi  juga berharap Kemah Bhakti ini dapat menjadi virus yang positif bagi lingkungan sekitar dengan berbagi ilmu yang bermanfaat.

Selama sepekan mulai tanggal 6 –  13 April 2024 para peserta menjalani kemah bhakti yang diisi dengan pendidikan keagamaan, latihan ketrampilan, kompetisi, lomba-lomba olahraga serta pengabdian masyarakat sekitar lokasi kemah bhakti.

Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun yang diikuti oleh kelompok pemuda Teravada Indonesia pada setiap vihara di Kabupaten se eks Karesidenan Pati pada tahun ini giliran dilaksanakan di Kabupaten Jepara tepatnya di Dukuh Guwo Desa Blingoh Kecamatan Donorojo.

Di Keamatan Donorojo terdapat12 vihara yang tersebqr di sejumlah desa dengan jumlah umat Budha sekitar 700 orang baik yang bermukim maupun merantau/

Hadepe