blank
Penyerahan santunan ramadhan

JEPARA (SUARABARU.ID) -Bulan Ramadan penuh berkah. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan di SDN 3 Tubanan yang dikemas dalam tema Ramadan Kreatif : Ekspresikan Kreativitas dalam Beribadah dan Berkarya

Kegiatan Ramadan 1445 H kali ini di awali dengan Tadarus Al-Qur’an ( 18 Maret – 2 April 2024 pk 11.00- 11.45), Pesantren Ramadan ( 3- 4 April 2024 pk 07.30- 09.30 WIB), Ramadan Berbagi ( 5 April 2024 pk 09.00 – 10.00 WIB), Khatmil Qur’an, Kultum, Buka Bersama dan Sholat Maghrib berjamaah dipimpin oleh Ustadz Misbah (5 April 2024 pk 16.00 – 18.30 WIB). Kegiatan diikuti oleh kepala sekolah, dewan guru, penjaga dan siswa kelas 1 sampai kelas 6

blank
Guru SDN 3 Tubanan siap berbagi takjil

Tadarus Al-Qur’an diikuti dewan guru dan sekitar dua puluh siswa dari kelas 4, 5, dan 6. Kegiatan ini dilakukan selesai pembelajaran, siswa semangat mengikuti Tadarus Al-Qur’an, di akhir kegiatan peserta mendapatkan bingkisan sebagai hadiah dan penyemangat agar mereka rajin membaca Al Qur’an.

blank
Siswa antusias ikuti pesantren ramadhan

Ketua panitia Titik Sri Indarwati, S.Pd.I selaku guru Pendidikan Agama Islam mengisi kegiatan Pesantren Ramadan dengan agenda : Pembacaan doa sebelum belajar & Asmaul Husna,  Pembacaan Surat pendek bersama dipimpin oleh Riko dan Bagus kelas 6 pada hari pertama, Andini dan Salwa kelas 6 pada hari kedua.

blank
Khamil Quran dipimpin ustad Misbah

Dilanjutkan penyampaian materi Fiqih oleh Titik Sri Indarwati S.Pd.I dibantu dewan guru,  siswa belajar wudlu dan sholat. Pembelajaran bermakna dengan praktek siswa senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.

Kegiatan berbagi lima puluh paket sembako untuk siswa yatim/ piatu dan duafa di sekitar lingkungan dengan sumber dana dari shodaqoh Ramadan selama Seminggu, hal ini menuntun siswa memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama. Penerima manfaat datang ke sekolah sesuai undangan, untuk penerima yang kurang sehat diwakili oleh keluarganya.

blank
Siswa SDN 3 Tubanan buka puasa bersama

Khatmil Qur’an, Kultum/ tausiyah, Buka puasa bersama, dan sholat Maghrib berjamaah dipimpin oleh Ustadz Misbah. Beliau mengatakan bahwa, “Ada empat orang yang dirindukan surga yaitu: 1) orang yang senang membaca Al Qur’an, 2) orang yang berpuasa di bulan Ramadan, 3) orang yang bisa menjaga lisan, 4) orang yang memberi makan kepada orang yang lapar. Peserta mengikuti kajian dengan tertib, mereka bahagia dapat mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat.

Wali murid menyambut baik semua kegiatan Ramadan. Dengan kegiatan yang ada di bulan Ramadan, dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, kata Teguh  salah satu wali murid.

Kepala SD Negeri 3 Tubanan Supriyanto, S.Pd dalam sambutannyta mengatakan, dengan  kegiatan Ramadan ini, diharapkan tumbuhnya karakter siswa dan adanya kerja sama yang semakin baik warga sekolah bersama komite, wali murid, dan masyarakat.

Ia  juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen ( dewan guru, komite, dan wali murid yang telah membantu terlaksananya kegiatan dari awal sampai akhir), termasuk kepada seluruh donatur, tanpa kerja sama tidak akan terlaksana semua kegiatan ini, tambahnya.

Hadepe – Rofiatun