blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi memimpin apel gelar pasukan operasi Ketupat Candi 2024. Foto: Dok/Bidhumas (3/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polda Jateng siap menjamin keamanan masyarakat yang mudik di Jawa Tengah.

Demikian ditegaskan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin apel gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Makodam IV/Diponegoro Rabu (3/4/2024).

Apel gabungan gelar pasukan diikuti oleh ribuan personel Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro, Polrestabes Semarang, Kodim Semarang, Dishub dan Satpol PP Propinsi Jawa Tengah.

Dalam gelar apel pasukan ini dipimpin Kapolda Jateng yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Sekda Propinsi Jateng, Sumarno.

Kapolda menyebut, apel gelar pasukan ini merupakan puncak dari kesiapan mengamankan arus mudik masyarakat di Jawa Tengah. Pengamanan tersebut digelar dalam bentuk kegiatan operasi kepolisian bersandi Ketupat Candi 2024 selama 14 hari mulai tanggal 3 hingga 16 April 2024.

“Terhitung hari ini anggota sudah inset di pos pam masing-masing. Sebanyak 12.506 personel gabungan TNI Polri dan stakeholder terkait tersebar di 142 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di seluruh Jawa Tengah,” ungkap Luthfi.

Guna menjamin keamanan pemudik yang melintas di Jalur Pantura Brebes-Rembang, pihaknya akan mengawal pemudik secara estafet di setiap check-in masing-masing kabupaten.

“Jadi pengawalan roda dua nanti disiapkan mulai chekpoint Brebes estafet sampai Rembang. Ini demi keselamatan masyarakat yang melaksanakan mudik. Biasanya subuh mereka berangkat, kita kumpulkan di chekpoin, lalu dikawal sampai ke tujuan,” jelasnya.