GKJ Salaman
Masyarakat Dusun Kauman, Desa Salaman, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar GKJ Salaman bekerjasama dengan Klinik Kesehatan Yoga Dharma Magelang,Minggu 31/3/2024). Selain pemeriksaan kesehatan, GKJ Salaman juga menggelar aksi “Tebus Murah” bahan kebutuhan pokok Foto: W Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- Perayaan Paskah di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Salaman, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang ditandai dengan  aksi tebus murah dan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan sosial tersebut dilangsungkan usai ibadah Paskah di GKJ yang ada di Dusun Kauman, Desa Salaman, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang,Minggu ( 31/3/2024).

“Kegiatan aksi sosial ini dalam rangka perayaan Paskah, selain diikuti jemaat GKJ Salaman, juga menyasar masyarakat  Dusun Kauman, Desa Salaman,”kata Ketua Panitia Paskah GKJ Salaman, Irene Kristiana June di sela-sela acara tersebut, Minggu ( 31/3/2024).

Irene mengatakan, kegiatan  tersebut bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di sekitar gereja.  Selain itu sebagai bentuk kebersamaan dengan masyarakat setempat.

“Paskah adalah momen untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus. Ketika kami merasakan  Kebahagiaan di Paskah kali ini ,kami juga  ingin membagikan kebahagiaan itu ke saudara-saudara kami di sekitar gereja,” kata Irene

Menurutnya, aksi tebus murah tersebut panitia menyediakan  125  paket bahan kebutuhan pokok. Masing-masing paket bahan kebutuhan pokok tersebut  berisi 5 kilogram  beras dan  2 liter minyak goreng dan masyarakat hanya membayar cukup terjangkau , yakni hanya Rp60.000 per paketnya.

Untuk pembagian paket bahan kebutuhan pokok tersebut, pihaknya bekerjasama dengan perangkat desa setempat untuk membagikan kupon penukaran bahan kebutuhan pokok tersebut.

Aksi tebus murah tersebut, untuk membantu masyarakat Dusun Kauman dan sekitarnya untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok berupa beras dan minyak goreng dengan harga di bawah harga pasaran umum. Selain itu juga membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan menjelang lebaran.

Irene menambahkan, selain aksi tebus murah, GKJ Salaman bekerja sama dengan Klinik Yoga Darma Magelang mengadakan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis.Layanan pemeriksaan kesehatan gratis berupa seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah.

“Masyarakat juga bisa mendapatkan konsultasi kesehatan gratis dengan dokter dan  mendapatkan obat-obatan juga vitamin secara cuma-cuma,”imbuhnya.

Sebelum aksi sosial tersebut, jemaat GKJ Salaman mengikuti pada ibadah Paskah dan perjamuan kudus  yang dilayani Pendeta Widya Nowo M Nelwan.

Dalam kotbahnya bertema  “Bangkit,  Menata Kehidupan”, Pendeta Nelwan mengajak jemaat untuk menghayati kebangkitan Yesus Kristus.  Kemudian,  mengisi kehidupan dengan tidak hanya berpusat pada diri sendiri, tetapi juga terkait  relasi dengan Tuhan dan juga sesama. W. Cahyono