blank
Sekda Kebumen Edi Rianto didampingi Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Zein Musta'in simbolis menyerahkan tanggung jawap kepada pasukan air lancar PDAM Kebumen, Minggu 31/3.(Foto:SB/Komper Wardopo).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Bumi Sentosa Kebumen saat ini memiliki aset sebesar Rp 70,8 M dan pada tahun 2024 mampu setor deviden ke Pemkab sebesar Rp 3,25 M.

Hal itu diungkapkan Direktur Perumda (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Zein Musta’in pada Apel Pasukan Air Lancar (PAL) PDAM Kebumen untuk Ramadan dan Lebaran 1445 H di Hotel Mexolie, Kelurahan Panjer, Minggu 31/3.

Menurut Zein, pihaknya telah menerapkan piket siaga PAL Perumda Tirta Bumi Sentosa sejak Mei 2018. Dengan motto Ramadan Siap Jaga, Lebaran Siap Siaga. Pasukan Air Lancar PDAM Kebumen Siap Jaga dan Siap Siaga itu telah menjadi semangat para tukang ledeng Pasukan Air Lancar (PAL) Perumda Air Minum Kebumen yang memiliki jiwa dan semangat menjalankan tugas menjaga pasokan air tetap lancar setiap hari selama Ramadan 1445 H.

Pasukan Air Lancar Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen itu selanjutnya dikomandoni oleh masing-masing kepala unit. Perusahaan telah melakukan persiapan dan langkah strategis untuk monitoring sumber-sumber air baku yang dimanfaatkan, pengadaan pompa cadangan, pemenuhan alat-alat perpipaan, kecukupan bahan kimia.

Bahkan pihaknya memberikan pelayanan pengaduan 24 jam di nomor telepon (0287) 381459 atau whatsapp 0895322077820 serta menyiagakan 2 armada mobil tangki khusus pelanggan yang membutuhkan droping air selama Ramadan 1445 H.

“Komandan Pasukan Air Lancar sudah siap sejak menjelang Ramadan, siap jaga selama Ramadan, siap siaga pada saat Lebaran serta selalu siap jaga dan siap siaga dalam melayani pelanggan PDAM,” ujar Zein pada acara “Kegiatan Gelar Pasukan Air Lancar PDAM Kebumen dan Pemberian Paket Sembako”.

blank
Sekda Kebumen Edi Ranto, Ketua PWI Supriyanto dan Direktur PDAM Zein Musta’in bersama para penerima bingkisan. Minggu 31/3.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Acara dibuka dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Edi Rianto, Asisten II Sekda Kebumen MM Margaretha Sri Kuntarti dan Kabag Perekonomian SDA dan Setda Kebumen Purnowati serta Dewan Pengawas Ahmad Ujang Sugiono.

Harus Terus Berinovasi

Pada kesempatan tersebut dilakukan gelar pasukan serah terima komandan pasukan air lancar dari Sukarman (komandan lama) kepada Tasliman (komandan baru) Pasukan Air Lancar Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa.

Sebelum Gelar Pasukan Air Lancar PDAM Kebumen dimulai, Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa membagikan sembako kepada masyarakat sekitar sumber atau IPA PDAM, anak yatim, kaum duafa, difabel dan abang becak, bekerja sama antara PDAM Kebumen dengan PDAM Infaq Club serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen sejumlah 600 paket sembako.

Selain itu, Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa membagikan sembako untuk kegiatan Tarawih Silaturahim (Tarkhim) Bupati Kebumen selama Ramadan 1445 H sejumlah 400 paketsembako.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Zein Musta’in didampingi Kepala Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian, Riyadi, menambahkan, kinerja keuangan akhir tahun 2023 mengalami peningkatan laba sebelum pajak Rp 7,45 M dari target Rp 6,76 M atau naik (110,25%) dan laba setelah pajak sebesar Rp 5.91 M dari rencana Rp 5.2 M atau naik (113,62%) dengan deviden yang akam disetor kepada Pemda Kabupaten Kebumen Rp 3,25 M dari rencana Rp 2,8 M.

Menurut Zein, jumlah pelanggan hingga akhir 2023 sejumlah 36.484 Sambungan Rumah (SR) yang terlayani di 23 kecamatan. Sedangkan kecamatan yang belum terlayani PDAM ada  3, yaitu Sadang, Padureso, dan Karangsambung.

Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa di tahun 2024 mengalami kenaikan aset juga mengikuti Program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK) yang meliputi tujuh indikator kinerja, yaitu Rencana Bisnis (RB), Air Tak Berekening (ATR), Efisiensi Energi (EE), Rasio Operasi (RO), Kontinuitas Aliran (KA), Kualitas Air (KuA), dan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM).

Sekda Edi Rianto yang mewakili Bupati Arif Sugiyanto mengapresiasi perkembangan kinerja PDAM Kebumen yang makin membaik. Namun Sekda meminta keluarga besar Perum Air Minum Tirta Bumi Sentosa terus meningkatkan kualitas pelayanan dan berinovasi menghadapi persaingan.

Sekda mengingatkan, pada 2040 akan semakin banyak tantangan bagi  BUMD, termasuk PDAM. Sebab pada tahun itu saat memasuki Indonesia Emas akan semakin banyak pelaku bisnis swasta dan asing masuk ke pengelolaan air bersih serta air minum.

”Pilihannya, PDAM harus terus berinovasi, meningkatkan pelayanan dan memiliki visi ke depan agar kita tidak terlibas oleh perubahan zaman,”tandas Edi Rianto.

Komper Wardopo