blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Pada saat bulan ramadan, pastinya orang-orang  mempersipakan berbagai macam kebutuhan saat menjalani aktivitas di bulan penuh berkah. Bagi umat muslim, menjalani ibadah puasa tentunya bukanlah menjadi sebuah hambatan untuk tetap beraktivitas seperti hari-hari normal di luar bulan Ramadan.

Namun, tentunya hal ini juga memerlukan asupan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan kalori harianmu sehingga bisa tetap menjalani aktivitas rutin. Saat sahur, umumnya umat muslim yang menjalankan ibadah puasa akan mengonsumsi berbagai makanan kaya nutrisi dan kalori agar mampu menjadi asupan energi saat beraktivitas

Sahur dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk puasa dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang cukup sebelum memasuki waktu puasa. Dengan menjaga keseimbangan nutrisi dan cairan dalam tubuh, kamu dapat membantu mengurangi risiko hipoglikemia, kelelahan, dan dehidrasi selama berpuasa.

Baca Juga: Tidak Makan Secara Berlebihan, Ini Lima Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Berbuka Puasa

Hal inilah yang membuat pemilihan makanan saat sahur menjadi penting agar ibadah puasa kita menjadi lancar hingga waktu berbuka. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 makanan sederhana yang bisa menjadi menu sahur praktis bagimu.

1. Kurma

Buah kurma memang identik sebagai salah satu buah-buahan yang rutin hadir setiap memasuki bulan Ramadan. Buah ini sering kali dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai makanan pembuka atau takjil. Namun, buah ini juga bisa dikonsumsi saat sahur guna memenuhi asupan nutrisi dan kalori harian saat berpuasa.

Dilansir dari artikel berjudul “Here’s what to eat for suhoor to stay energetic during Ramadan”, mengonsumsi buah kurma yang kaya gula alami sebanyak 2-3 biji saat sahur mampu meningkatkan energi ketika menjalani ibadah puasa. Buah ini disarankan dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan sahur guna menjadi hidangan penutup.

Baca Juga: Begini Tips yang Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Fit Selama Bulan Puasa

2. Buah-buahan Kaya Air

Makanan praktis lainnya yang bisa dikonsumsi saat sahur adalah buah-buahan yang mengandung asupan air tinggi. Melansir dari artikel berjudul “Ramadan Fasting: What to Eat During Suhoor”, saat menjalankan ibadah puasa, asupan air memang cukup diperlukan guna mengantikan cairan tubuh yang hilang.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan seperti apel, semangka, melon, blewah, dan berbagai buah-buahan kaya air lainnya cukup disarankan dilakukan saat sahur. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut sebelum menyantap hidangan berat saat waktu sahur.

3. Oatmeal

Oatmeal untuk menu sahur? Tentu saja oatmeal bisa menjadi salah satu menu sahur yang baik dikonsumsi guna menjaga asupan nutrisi saat menjalani ibadah puasa. Kandungan serat, karbohidrat, mineral, dan zat lain dalam oatmeal mampu memberikan energi tambahan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Tiga Tips Memilih Kurma Yang Bagus dan Berkualitas Untuk Berbuka Puasa

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal tersebut dengan campuran susu atau air hangat dan dicampur dengan buah-buahan seperti pisang, apel atau juga dengan 2 sendok madu untuk menambah cita rasa.

Nah, itulah beberapa makanan sederhana yang bisa menjadi menu sahur kaya energi untukmu. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia