blank
Ilustrasi. Foro: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu umat muslim di bulan Ramadan seperti ini, pastinya setelah seharian berpuasa seseorang ingin segera melepas dahaga dan laparnya dengan sajian-sajian yang menggugah selera.

Ketika tiba waktunya, umat muslim dianjurkan segera berbuka agar tidak mengganggu kesehatan setelah sekian lama perut tidak diisi dengan makanan dan minuman apapun.  Pada dasarnya manusia membutuhkan makan dan minum secara ragawi. Oleh karena itu, menyegerakan berbuka puasa di awal waktu hukumnya lebih baik daripada waktu-waktu setelahnya.

Nah, sebaiknya Anda berbuka dengan air putih dan makanan ringan, seperti kurma ketika berbuka. Setelah menjalani ibadah salat Maghrib, barulah menyantap makanan utama.

Baca Juga: Begini Tips yang Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Dilansir dari Suara.com, tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berbuka puasa, hal-hal sepele seperti ini sebenarnya penting tapi sering dilupakan.

1. Minum Air Putih

Setelah dilanda dahaga yang luar biasa seharian penuh, biasanya orang langsung berbuka dengan meminum minuman yang berasa seperti es sirup karena dianggap segar dan melegakan dahaga. Padahal, kebutuhan tubuh kita akan air putih juga penting untuk diperhatikan. Boleh minum minuman berasa tetapi jangan lupa untuk minum air putih juga ya.

2. Ganjal Perut Secukupnya

Meskipun lapar luar biasa, alangkah lebih baik jika kamu tidak langsung menghujani perutmu dengan makanan berat, apalagi dengan porsi besar. Terkadang hal tersebut malah menjadikan perut kita terasa sakit bukan? jadi ada baiknya kamu mengganjal perut dengan makanan ringan secukupnya, bisa juga dengan buah.

Baca Juga: Meski Bulan Puasa, Tidak Mengalami Krisis Stok Darah

3. Mengikuti Kultum

Sambil mengganjal perut dengan makanan ringan, kamu juga bisa sambil mengikuti acara kultum di televisi. Tentu di bulan suci Ramadan seperti ini hendaknya kita memperbanyak pengetahuan tentang agama, lebih banyak dari bulan-bulan yang lain.

4. Salat Magrib

Nah, ini yang sering banget dilupakan sama orang-orang yang sudah kalap dengan hidangan berbuka, terutama yang mengadakan acara buka bersama. Untuk mengatasi ini, kamu bisa segera salat setelah mengganjal perut dengan takjil, karena kalau sudah kekenyangan biasanya seseorang akan semakin malas bergerak. Segerakan berbuka, tetapi juga jangan sampai lupa kewajiban salatnya ya.

5. Tidak Makan Berlebihan

Yang perlu diingat lagi adalah setelah berbuka masih ada ibadah lain yang harus dilaksanakan yakni salat tarawih. Jadi, hindari makan dengan porsi yang berlebihan agar kamu masih bisa mengikuti ibadah tarawih dengan baik dan tidak terganggu dengan perut yang kekenyangan.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan saat berbuka, jangan sampai lupa ya. Selamat berpuasa!

Claudia