blank
Ini info stok darah yang tersedia di Kantor UDD PMI Kabupaten Wonogiri. Meski Bulan Puasa, tapi tidak mengalami krisis stok darah.(Dok.UDD PMI Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Meski Bulan Puasa, tapi stok darah di Kantor Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, tidak mengalami krisis. Data Hari Rabu (27/3), tersedia stok darah WB (Whole Blood) atau darah lengkap ada sebanyak 256 kantung (colf).

Kepala Kantor UDD PMI Kabupaten Wonogiri, Dokter Heri Susanto, menyatakan, stok darah WB sebanyak 256 colf itu, terdiri atas Golongan A sebanyak 73 colf, Golongan B (87 colf), Golongan AB (14 colf) dan Golongan O (82 colf).

Berikut untuk stok PRC (Packed Red Cells) atau Sel Darah Merah ada sebanyak 77 colf. Kemudian stok untuk TRC (Thrombocyte Concentrate atau trombosit ada sebanyak 21 colf.

Pelayanan permintaan darah dari dilakukan selama 24 jam setiap harinya. Baik permintaan dari pasien dari Rumah Sakit (RS) maupun dari Klinik Kesehatan. Bersamaan itu, juga dilakukan pelayanan pengambilan darah sukarela dari para pendonor, baik melalui Mobile Unit (MU) maupun Donor Darah Sukarela (DDS) di dalam gedung.

Untuk pelayanan melalui MU, bersifat jemput bola dengan mendatangi ke lokasi para pendonor. Kemudian DDS di gedung, dilakukan di Kantor UDD PMI Kabupaten Wonogiri di barat Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri.

Hari Jumat (29/3) bersamaan dengan Hari Libur Nasional Jumat Agung Paskah, UDD PMI Wonogiri mengagendakan akan melakukan pelayanan pengambilan donor darah massal Umat Kristiani dari Gereja Bethel Indonesia (GBI).

Sebelumnya, UDD PMI Wonogiri memberikan pelayanan DDS massal yang dilakukan para prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri. Kemudian Sabtu malam (30/3) lusa Pukul 19.00, melakukan pelayanan pengambilan DDS secara massal dari masyarakat di Pendapa Kecamatan Jatisrono.
Bambang Pur