blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat menyerahkan SK Pensiun kepada salah satu PNS. Foto : SB/dok Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), melaksanakan kegiatan Penyerahan SK Pensiun PNS Tahap I Tahun 2024 masa purna tugas periode Periode Mei-Agustus 2024 di lingkungan Pemkab setempat, Selasa (26/3/2024) di Pendopo Selatan.

Purna tugas merupakan tahapan kehidupan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sekaligus kebanggaan dan momentum tersendiri, karena PNS yang mampu mencapai purna tugas adalah PNS yang baik, serta telah mampu menyelesaikan amanah tugas sampai tuntas.

Karena itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengajak agar seluruh PNS yang nantinya purna tugas mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi purna tugas, baik kesehatan, mental, psikologis, serta ekonomi. Sehingga purna tugas nanti tetap bisa aktif dan produktif di tengah masyarakat.

“Ingatlah bahwa masyarakat, bangsa, dan negara ini masih memerlukan kontribusi Bapak dan Ibu. Kami berharap semuanya tetap produktif, memberikan manfaat untuk masyarakat dan sekitarnya. Tidak harus dalam bentuk karya fisik, namun juga ide gagasannya untuk Wonosobo ke depan.,” sambung Bupati.

Ditambahkan Afif, Pemkab Wonosobo, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Bapak-Ibu PNS calon purna tugas, atas prestasi, pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama ini.

“Selamat menjalani masa purna tugas, semoga masa purna tugas ini dapat menjadi masa istirahat yang membahagiakan. Saya mengharapkan nasihat, kritikan, serta masukan yang membangun kepada generasi penerus, untuk mendukung upaya kita bersama dalam rangka mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” tandas Afif.

Empat Masa

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tri Antoro menyampaikan, di periode pertama ini ada 123 PNS yang akan purna tugas, terbagi menjadi 4 masa pensiun yaitu 1 Mei, 1 Juni, 1 Juli dan 1 Agustus tahun 2024.

“Mereka terdiri dari Eselon II/A, III/A, III/B, IV/A dan jabatan Fungsional lainya. Mulai dari pejabat Struktural Pemda, Asisten Setda, Sekdin, Camat, Lurah, Guru dan tenaga administrasi di kecamatan, puskesmas serta dinas-dinas,” ungkap Tri kepada media.

Lanjut Tri, saat pengangkatan sebagai CPNS mereka menerima langsung SK nya dari bupati, sehingga saat penyerahan SK Pensiun juga diusahakan diberikan langsung oleh bupati. Hal ini, sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih kepada para senior yang akan purna.

“Kami memberikan penghargaan tertinggi dari Pemkab untuk seluruh PNS yang telah mengabdi kepada Wonosobo. Purna tugas bukan akhir segalanya, tapi titik balik meraih kebahagiaan bersama keluarga,” katanya.

“Bagi para purna tugas untuk segera melakukan pemutakhiran data melalui sistem, apabila ada kendala kami siap membantu mengurusnya,” imbuh dia.

Terkait kekosongan jabatan, jelas Triantoro, ada mekanisme dan ketentuan yang sudah disiapkan, tinggal menunggu kebijakan Bupati selanjutnya.

Muharno Zarka