blank
Fidella Jamine dengan piala yang pernah diraihnya di ajang lomba penyanyi cilik. Foto : SB/dok Jay

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Fidella Aruminta Yasmin terbilang istimewa jika dibandingkan dengan anak seusianya. Gadis kecil kelahiran Wonosobo, 18 Mei 2013 dengan nama panggung Fidella Jasmine ini sudah memiliki segudang prestasi di dunia tarik suara.

Suara Fidella, demikian sapaan akrabnya, terbilang bagus. Suaranya demikian merdu, indah sekali dan enak sekali. Saat tampil dia tampak percaya diri layaknya penyanyi cilik lainnya yang sudah duluan terkenal.

Sejak kecil, kata ayahnya, Jay, Fidella sudah kelihatan jiwa seninya. Suara anak yang berasal dari Tambimalang, Depok Kalibawang Wonosobo ini memang bagus dan tidak malu saat tampil di depan umum.

“Fidella ini sudah suka bernyanyi sejak umur 2 tahun. Bahkan setiap melihat mikrofon di cafe atau rumah orang dia langsung minta bernyanyi tanpa rasa malu. Karena saya suka musik, jadi Fidella ini juga suka nyanyi,” kata Jay.

Hingga sekitar pada tahun 2022 yang lalu saat lagu “Ojo Dibandingke” yang dinyanyikan oleh Farel Prayoga viral, Fidella yang masih duduk di bangku kelas 4 SD Negeri 1 Depok ini menyanyikan lagu tersebut di salah satu rumah makan di Banjarnegara.

“Saat Fidella bernyanyi tersebut, saya rekam dan banyak respon positif dari teman dan orang-orang. Ada yang menyarankan suruh rekaman. Akhirnya Fidella rekaman dengan menyanyikan lagu tersebut dan viral. Bahkan penonton di youtube mencapai ratusan ribu,” bebernya.

Guna terus menggali bakat bernyanyinya secara maksimal, Fidella kemudian mengikuti latihan musik di salah satu yayasan musik. Berbekal bakat dan kesukaannya bernyanyi, Fidela selalu menjuarai setiap perlombaan menyanyi yang dia ikuti.

“Pertama itu Fidella menjadi penyanyi favorit dalam Simfoni Anak Negeri yang di selenggarakan Yayasan Musik Akustika. Ia yang baru masuk sekitar 2 bulan,” bebernya.

Selain itu, Fidella berhasil menjadi juara satu dalam ajang Kids Star Trio di Wonosobo. Kemudian mendapatkan juara 1 dalam event Februari Kids Kompetision di Yogyakarta.

Terbaru Fidella berhasil menjadi juara umum lomba menyanyi dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara tahun 2024 di Depo Pelita setempat.

Lagu Religi

blank
Fidella Jamine, penyanyi cilik asal Wonosobo saat tampil di atas panggung. Foto : SB/dok Jay

“Selain menjuarai sejumlah perlombaan, anak saya juga bernyanyi di acara-acara, seperti HIPMI, KNPI bahkan acara di Pemkab Wonosobo. Fidella juga sering cover lagu-lagu dan dimasukkan ke akun youtubenya,” tutur dia.

Untuk terus mengembangkan potensi di dunia musik, pada bulan puasa tahun ini Fidella merilis sebuah lagu religi dengan judul “Sabda Kiai”. Lagu tersebut merupakan ciptaan salah satu orang dari Kalibawang Wonosobo yakni Ujang Budiarto.

Dalam lagu religi ini, katanya, menceritakan seorang santriwati yang pertama kali masuk pondok untuk menimba ilmu agama. Tetapi pada awalnya ia tidak begitu senang karena tidak memiliki teman di pondok tersebut.

“Namun dengan kemampuan menulis, ia akhirnya disukai oleh banyak teman dan betah di pondok pesantren. Di lagu tersebut, mengandung pesan untuk menuntut ilmu agama di pondok,” kisahnya.

Diceritakan, walaupun untuk menjadi santri tidak mudah, karena harus berpisah dan menahan rindu dengan keluarga. Seorang santri harus tekun mengaji dan beribadah dan tidak sewaktu-waktu bisa pulang ke rumah.

“Sebelumnya Fidella ini cuma cover lagu dan ini menjadi lagu pertamanya. Setelah bulan Ramadhan ini Fidella akan kembali merilis lagu lagi,” jelasnya.

Menurutnya, ia bersama istrinya selalu mendukung apa yang menjadi cita-cita anaknya dan tidak pernah memaksakan apapun. Fidella mengakui ingin terus mengembangkan bakat dan kariernya di dunia musik dan entertainment.

“Anak saya ini ingin menjadi penyanyi terkenal. Bahkan anak saya mau meneruskan sekolah musik di Yogyakarta saat SMA nanti,” harap dia.

Fidela ingin menjadi seorang entertaint dan bisa memberikan manfaat bagi keluarga dan orang lain. Sponsor yang ikut support pembuatan video klip ini ada Carica Gemilang dan Fidella Alkes. Juga ada media online di Jawa Tengah, salah satunya yakni SuaraBaru.Id.

Muharno Zarka