blank
Dalam mempersiapkan penyambutan kedatangan para pemudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024, Dishub Kabupaten Wonogiri melakukan perbaikan APILL traffic light di tiga lokasi.(Dok. Dishub Wonogiri),

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Terminal Induk Type-A Giri Adi Pura di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, siap menerima kedatangan pemudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Baik kedatangan pemudik yang menggunakan pelayanan gratis maupun penumpang reguler, serta kedatangan truk pengangkut sepeda motor milik para pemudik.

Demikian ditegaskan oleh Kepala Terminal Induk Giri Adi Pura, Wonogiri, Agus ‘Glempo’ Hasto Purwanto, Senin (25/3), terkait dengan persiapan yang dilakukan dalam menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. ”Pada intinya kami sudah siap. Baik kesiapan SDM-nya maupun Sarana Prasarana (Sarpras) yang ada, akan kita maksimalkan,” tegasnya.

Pelayanan arus mudik dan arus balik, akan disinergikan bersama jajaran TNI-Polri, Pemda, Organda, Jasa Raharjo dan OPD terkait lainnya. Ini, tambah Agus, sudah menjadi agenda tahunan dalam menyambut sedulur boro (saudara perantau) yang akan pulang kampung.

Dari Dishub DKI Jakarta, telah menyampaikan informasi, bahwa Tanggal 3-4 April 2024, akan memberikan pelayanan mudik gratis sebanyak 55 bus untuk mengangkut penumpang, dan 3 truk pengangkut sepeda motor.

Untuk pelayanan mudik gratis dari Kemenhub, dijadwalkan berlangsung Tanggal 5,6 dan 7 April 2024.  Selanjutnya, pelayanan gratis arus balik pasca-Lebaran Idul Fitri, dijadwalkan berlangsung Tanggal 14-15 April 2024, diberangkatkan dari Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri.

Relawan

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, dalam persiapan penyambutan arus mudik, telah dilakukan perbaikan APILL (Alat Pengatur Isyarat Lalu Lintas) traffic light (lampu bangjo) di tiga lokasi. ”Untuk rekayasa arus lalu lintas, nanti akan diberlakukan secara situasional, dengan menyiapkan jalur alternatif,” ujar Waluyo.

Untuk pendirian Pos Lebaran, Dishub akan bergabung secara sinergi dengan Polres Wonogiri. Ada enam Pos, terdiri atas Pos di Terminal Induk Giri Adi Pura, Pos di depan Pasar Kota Wonogiri, Pos di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur, Pos di Kecamatan Purwantoro, Pos di Kecamatan Baturetno dan Pos di Kecamatan Pracimantoro.

Sementara itu, Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Trias Budiono, menyatakan, pihaknya bersama sekitar 8 ribu orang relawan siaga bencana, siap membantu tugas Polri dalam pengamanan dan pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024.

Penyiapan ribuan relawan dari Desa Tangguh Bencana (Destana) ini, dalam upaya mengantisipasi manakala terjadi bencana hidrometeorologi, seperti hujan angin, banjir dan longsor. Termasuk mengantisipasi manakala terjadi pohon tumbang melintang jalan, yang memicu terjadinya kemacetan arus lalu lintas.
Bambang Pur