blank
Thom Haye (kiri) dan Ragnar Oratmangoen menandatangani berkas pewarganegaraan RI, di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Senin (18/1/2024). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memberikan apresiasinya kepada semua pihak, yang telah mendukung proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Seperti diketahui, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), usai menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia, di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/1/2024).

”Kanwil Kumham, Kanwil Imigrasi dan Dukcapil DKI Jakarta, telah memberikan bantuan yang luar biasa. Setelah pengambilan sumpah, kemudian dilakukan pembuatan KTP dan paspor,” kata Arya.

BACA JUGA: Jelang Lawan Vietnam Timnas Indonesia Rilis Jersey Baru

Proses ini memang berjalan dengan cepat. Seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (19/3/2024), Ragnar mendarat Senin sore, sedangkan Thom Haye baru mendarat di Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB, semalam, dan langsung ke Kemenkumham.

”Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya selesai juga. Saya senang, prosesnya 24 jam. Setelah saya main bersama Heerenveen, saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam ke Indonesia, dan baru selesai sekarang,” ujar Thom Haye

Dia juga mengaku senang, dan menyampaikan apresiasi atas semua dukungannya agar bisa melakukan naturalisasi. Thom Haye berharap, dirinya bisa berkontribusi bersama Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Menpora Dito Inginkan Bulu Tangkis Sukses di Olimpiade Paris 2024

Hal senada juga disampaikan Ragnar Oratmangoen, karena selesainya proses naturalisasi ini memang sangat dinantikannya. Dan bermain secara resmi bersama Timnas Indonesia, juga akan menjadi kebanggaan bagi dirinya

”Saya sangat senang. Saya sudah mengambil sumpah, dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia bersama Timnas Indonesia. Saya ingin membantu tim yang dihuni para pemain muda ini,” ungkap dia.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen memang masuk dalam 26 pemain Timnas Indonesia yang diproyeksikan Shin Tae-yong melawan Vietnam. Namun mereka belum bisa bermain pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Hal itu karena, keduanya harus berpindah federasi terlebih dahulu dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia), agar bisa bermain bersama skuad Garuda. Saat ini keduanya sedang diupayakan PSSI, agar bisa bermain saat melawan Vietnam, di My Dinh Stadium, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024) mendatang.

Riyan