DMC Dompet Dhuafa Jateng distribusikan makanan siap saji untuk warga terdampak banjir di Semarang. Foto: Dok/Dompet Dhuafa (15/3/2024) 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah daerah di Kota Semarang terendam banjir hingga ketinggian perut sampai dada orang dewasa.

Beberapa daerah di Kota Semarang yang terdampak banjir diantaranya Kaligawe, Pedurungan, Tlogorejo dan sejumlah tempat lainnya.

Salah satu daerah terdampak yang mendapat perhatian dari Dompet Dhuafa Jateng adalah di Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Semarang Timur.

Pasalnya, lebih dari 100 warga mengungsi di rumah tetangga sekitar yang selamat dari genangan air. Tidak ada posko didirikan di daerah banjir tersebut. Mayoritas warga memilih bertahan di rumah dan rumah tetangga yang dirasa cukup aman.

Dompet Dhuafa Jateng, pada Jumat (15/3/2024) turun ke lokasi banjir menyalurkan 300 paket makanan siap saji untuk berbuka puasa.

“Alhamdulillah, paket makanan siap saji bisa sampai di masyarakat yang terdampak. Ini semua dari kebaikan para donatur yang telah menitipkan donasinya melalui Dompet Dhuafa Jawa Tengah,,” kata Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng.

Diketahui Kota Semarang diguyur hujan dengan curah cukup tinggi sejak 8-14 Maret 2024 hingga mengakibatkan banyak wilayah di Kota Semarang terendam banjir.

Menurut BMKG, hal ini disebabkan adanya anomaly cuaca yaitu terapat aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial di wilayah Indonesia. Selain itu juga ditemukan adanya tiga bibit siklon tropis, yaitu bibit siklon tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia yang mempengaruhi cuaca di Indonesia.

Bagi masyarakat Semarang – Jawa Tengah yang ingin ikut berdonasi dan berpartisipasi dalam pemulihan pasca bencana untuk penyintas banjir di Kota Semarang – Jawa Tengah bisa langsung menghubungi layanan di 08157798783.

Kondisi terkini di lokasi banjir, listrik sudah menyala dan air perlahan mulai surut. “Kami mewakili para penyintas mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat dan relawan yang sudah membantu dalam penyaluran logistik,” tandasnya.

Ning S