blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Kepala Kankemenag Sukarno pada Tarawih Bersama di Desa Banjurmukadan, Kecamatan Buluspesantren, Kamis (14/3) malam.(Foto:SB/Kominfp Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Di bulan suci Ramadan 1445 h Bupati Kebumen Arif Sugiyanto terus mengimbau masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing. Hal ini demi menjaga kekhusyukan ibadah Ramadhan.

Menurut Bupati warga tidak perlu melakukan aktivitas yang bisa menganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Seperti balap motor liar, kenalpolt brong, bermain petasan, perang sarung, serta saur on the road yang juga berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Saya minta kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang tidak ada manfaatnya, seperti kebut-kebutan, konvoi pakai kenalpot brong, main petasan, dan saur on the road yang juga bisa menggangu kenyamanan masyarakat di bulan suci Ramadan,”ujar Arif Sugiyanto usai Salat Tarawih bersama di Masjid Al Hidayah, Desa Banjurmukadan, Kecamatan Buluspesantren, Kamis (14/3).

blank
Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Ny Iin Windarti ikut hadir pada Salat Tarawih bersama Bupati di Masjid Al Hidayah, Desa Banjurmukadan, Kecamatan Buluspesantren, Kamis (14/3).(Footo:SB/Kominfo Kbm)

Hadir pada Salat Tarawih bersama itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno, Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Ny Iin Windarti, sejumlah pejabat kepala OPD serta tokoh masyarakat dan ulama di Kecamatan Buluspesantren.

Bupati menuturkan, di daerah lain sudah ada larangan saur on the road. Ia menyebut, kegiatan-kegiatan seperti iring-iringan kendaraan bermotor pada malam hari menjelang subuh, dengan menamakan kegiatan sahur on the road dinilai tidak produktif.

“Memang tidak ada faedahnya, bukannya saur malah kebut-kebutan di jalan. Kan sayang begitu kena apes mau lebaran, malah kecelakaan, yang rugi siapa? Tentu diri kita sendiri dan keluarga, masyarakat juga terganggu,”ujarnya.

Bupati turut meminta kepada jajaran kepolisian untuk gencar berpatroli menindak warga yang tengah melakukan kegiatan-kegiatan yang meresahkan.

“Kemarin dari kepolisian, Polres Kebumen telah menindak pemuda, atau remaja yang melakukan balap liar di jalur jalan selatan. Kegiatan seperti ini memang harus ditindak,”ujar orang nomer satu di Kebumen itu.

Pada kegiatan tarawih keliling itu Bupati dan pejabat juga membagikan bantuan sembako kepada para jamaah masjid, serta membagikan bantuan mushaf Alquran untuk masjid setempat.

Komper Wardopo