blank
Petugas mendatangi sebuah tempat kos,hari ini Jumat (15/3/24). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Polresta Magelang melakukan berbagai kegiatan dalam rangka menjaga kondusivitas kamtibmas, selama bulan Ramadan. Razia pasangan tidak resmi pun dilakukan, dipimpin Kabag Ops Kompol Eko Mardiyanto, hari ini Jumat (15/3/2024).

Sebelum kegiatan razia, didahului apel yang diikuti para Kasat Polresta Magelang, Kasi Dal Ops Satpol PP Kabupaten Magelang, para Perwira Polresta Magelang, personel Polresta Magelang dan anggota Satpol PP.

Kapolresta Kombes Pol Mustofa, melalui Kabag Ops Kompol Eko Mardiyanto, mengatakan, kegiatan tersebut guna menjaga kondusifitas selama bulan Ramadan. “Kegiatan ini juga merupakan upaya kita dalam mengedukasi masyarakat, terkait dengan masalah hukum. Khususnya terkait undang-undang yang mengatur pernikahan, sehingga sasarannya pasangan tidak resmi yang tinggal di kos,” kata Kompol Eko Mardiyanto.

Menurutnya, sejumlah tempat kos di wilayah hukum Polresta Magelang diduga disalahgunakan untuk tinggal sejumlah pasangan tidak resmi. Maka perlu diedukasi agar tidak melakukan hal seperti itu.

Adapun personel yang melaksanakan razia sebanyak 27 anggota Polresta Magelang dan sembilan personel Satpol PP Kabupaten Magelang. Sasarannya sejumlah tempat kos di wilayah Salakan, Kecamatan Mertoyudan.

Kabag Ops menuturkan, hasil razia, petugas mendapati dua pasangan nikah siri dan sembilan pasangan dengan status tidak menikah.

“Kepada mereka kami lakukan pendataan. Juga kami lakukan tindakan pembinaan dari anggota Sat Binmas dan membuat pernyataan tertulis,” pungkas Kompol Eko Mardiyanto.

Eko Priyono