blank
Peserta Gerakan Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Korwil Dua (Gesfokoda) Jateng, Minggu (10/3) di Pantai Kembar, Kecamatan Puring, Kebumen.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Korwil Dua (Gesfokoda) Jateng, Minggu (10/3).

Kegiatan berlangsung di dua tempat. Yaitu di Markas PMI Kebumen Jalan Arungbinang dan Pantai Kembar, Kecamatan Puring.

Peserta merupakan perwakilan anggota Forpis dari 13 kabupaten dan kota. Terdiri atas PMI Purworejo, Klaten,Sragen, Kota Surakarta, Karangganyar, Kebumen, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Wonosobo dan Temanggung.

Wakil Ketua PMI Kebumen Salim Wazdy mengungkapkan, kegiatan yang mengangkat tema Peran Palang Merah Remaja dalam Ketangguhan Iklim dipilih mengingat cuaca yang sedang ekstrim yang dialami harus bisa disikapi dengan bijak dan penuh kehati-hatian (siaga).

blank
Peserta Gerakan Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Korwil Dua Jateng, Minggu (10/3) menerima sertifikasi di Pantai Kembar, Puring, Kebumen.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Menurut Salim, PMI Kebumen yang terpilih menjadi tuan rumah pada acara Gesfokoda  kali ini tentu merasa sangat senang dan bersyukur. Terlebih kegiatan ini sangat inovatif mengangkat tema peran PMR dalam ketangguhan iklim karena perlu diperhatikan cuaca yang sedang kita rasakan pekan akhir ini sangat ekstrim dengan hujan intensitas deras meski pagi harinya panas.

“Perubahan iklim dan cuasa ekstrim Ini contoh kecil yang harus kita sikapi dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” ujar Salim.

Lebih Jauh ia berharap kegiatan tersebut menjadi ajang edukasi anak PMR dan memperkenalkan Kabupaten Kebumen baik dari wisata, budaya maupun kuliner.

“Adik-adik PMR selama di Kebumen bisa melihat indahnya malioboro Kebumen, melihat bagusnya Pantai Kembar dan belajar penangakaran penyu sekaligus di sana,”tambah Salim.

Sebanyak 51 peserta mengikuti kegiatan secara antusias. Kegiatan berupa sharing season, fun games, bakti lingkungan dengan melukis ember cat sebagai media tempat sampah di pantai, dan berkunjung di konservasi penangkaran penyu.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dan pembagian cinderamata.  Fatin peserta asal Kabupaten Klaten merasa sangat gembira dan puas terhadap kegiatan Gesfokoda.

“Saya Fatin asal Forpis PMI Klaten merasa sangat senang bisa ikut kegiatan Gesfokoda kali ini di Kabupaten Kebumen. Banyak sekali ilmu baru yang didapatkan di sini. Terutama belajar kepemimpinan, belajar tangguh terhadap iklim, dan menarik belajar dan melihat langsung penangkaran penyu yang ada di Pantai Kembar,”aku Fatin.

Komper Wardopo