blank
Jay Idzes segera bergabung bersama Timnas Indonesia, untuk menghadapi Vietnam di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Zona Asia Grup F. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Jay Idzes menyatakan, dirinya sudah tidak sabar melakukan debut bersama Timnas Indonesia. Pemain yang merumput di klub Serie-B, Venezia itu, saat ini dalam kondisi siap membela Indonesia.

Jay Idzes resmi mengantongi paspor Indonesia, sejak 28 Desember 2023. Jay mengucap sumpah setia pewarganegaraan, di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Proses perpindahan federasi Jay Idzes dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia), juga sudah rampung sejak Februari lalu. Seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (13/3/2024), Jay tinggal melakukan debut bersama Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Tim Bola Basket USM Juara I Piala Wali Kota Semarang 2024

Jay Idzes berpeluang tampil perdana untuk Tim Merah-Putih, pada laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Zona Asia Grup F, kontra Vietnam. Timnas Indonesia akan menghadapi tim berjuluk The Golden Star Warriors itu, pada 21 dan 26 Maret 2024.

Yang menjadi lebih spesial, Jay berpeluang debut di markas Timnas Indonesia, yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. SUGBK jadi venue yang dipilih PSSI, saat Skuad Garuda menjamu Vietnam pada Kamis (21/3/2024).

”Tentu saja saya merasa sangat bangga. Membela Timnas Indonesia merupakan suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga. Saya sangat bersemangat, dan tak sabar untuk bertemu dengan tim. Ini adalah sesuatu yang telah lama saya pikirkan dan bicarakan. Jadi ini sangat istimewa,” kata Jay Idzes.

BACA JUGA: LPBI PBNU Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Awal Ramadan

Jay Idzes termasuk dalam 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk persiapan menghadapi Vietnam. Selain Jay, ada beberapa muka baru yang mendapatkan panggilan, yakni Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Para pemain itu dijadwalkan berkumpul di Jakarta, mulai Minggu (17/3/2024). Sebelum itu, untuk Jay Idzes, dia masih harus melakoni laga lanjutan Serie-B kontra Palermo, di Renzo Barbera, Sabtu (16/3/2024).

Riyan