blank
Nathan A Tjoe (kiri), saat diambil sumpahnya di Kanim Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (11/3/2024). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai melakukan pengambilan sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (11/3/2024), Nathan Tjoe-A-On, kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

”Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi, mengurus perpindahan federasi untuk Nathan, agar bisa membela Timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga, yang membantu proses ini berjalan dengan baik,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, seperti duktip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/3/2024).

Setelah menjadi WNI, pemain yang saat ini bergabung di klub SC Heerenveen itu, berpeluang besar melakukan debut bersama Timnas Indonesia saat laga melawan Vietnam, pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, babak kedua.

BACA JUGA: Ancaman Tenggelam, DMC Dompet Dhuafa Resmikan Peninggian Jalan di Dusun Timbulsloko

Pada pertemuan pertama, Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Kemudian gantian skuad Garuda yang melawat ke markas Vietnam. Laga itu dilaksanakan di Stadion Nasional My Dình, Selasa (26/3/2024) mendatang.

Sementara itu pada kesempatan yang lain, Erick Thohir memberikan apresiasinya pada tiga tim Liga 2, yang berhasil promosi ke Liga 1 musim depan. Ketiga tim itu adalah PSBS Biak, Semen Padang, dan Maluku Utara (Malut) United. Ketiga tim ini menjadikan Liga 1 musim depan, akan berisi wakil dari tiap pulau di Indonesia.

Sumatera akan diwakili Semen Padang, sedangkan PSBS Biak mewakili Papua. Malut United akan mengembalikan kesebelasan asal Pulau Maluku, ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Praktis seluruh wilayah Indonesia pun terwakili.

BACA JUGA: Manajemen PSIS Serahkan Jadwal Laga Lawan Persis ke PT LIB

”Selamat kepada tiga tim yang berhasil promosi. Dan ini menambah semarak liga, karena tiga tim yang promosi mewakili wilayah di luar Jawa, dengan wilayah pulau yang berbeda. Ini benar-benar Liga Indonesia,” ujar Erick.

Dijelaskan juga, selama ini Liga Indonesia dihuni banyak wakil dari Pulau Jawa. Ditambah dua tim asal Kalimantan, Borneo dan Barito, serta Bali United yang menjadi perwakilan Bali serta Nusa Tenggara.

Ada pula wakil Sulawesi, yakni PSM Makassar. Dengan hadirnya Semen Padang yang mewakili Sumatera, Malut United (Pulau Maluku), dan PSBS Biak (Papua), membuat seluruh pulau jadi terwakili.

BACA JUGA: Patroli Saat Jam Rawan di Malam Bulan Ramadan

”Seluruh perwakilan Indonesia sudah ada. Ini akan sangat menarik ditunggu kompetisinya. Ini tentu akan semakin maksimal mendorong pertumbuhan dan regenerasi pemain-pemain muda di setiap pulau,” imbuhnya.

Promosinya ketiga tim dari Liga 2 itu, sekaligus menepis isu yang menyebut musim depan hanya ada satu tim yang promosi dan degradasi. Erick menegaskan, PSSI konsisten dan tegas pada sistem kompetisi. ”Kami akan tegas, musim depan akan ada tiga tim yang promosi dan degradasi,” ujarnya.

Riyan