blank
Dilokasi Wisata Desa Ketilengsingolelo ini, suasana makin seru sebab anak-anak mulai belajar menulis

JEPARA (SUARABARU.ID) – Menjelang puasa ramadan 1445 H, tepatnya hari Minggu, 10 Maret 2024 Perpustakaan RA. Kartini bekerjasama dengan MTs Darul Istiqomah menyelenggarakan kegiatan literasi yang bertemakan “Membaca Nyaring dan Pelatihan Jurnalistik ”

Untuk sesi pertama, kegiatan diadakan di Perpustakaan RA. Kartini dengan menghadirkan Amaliyatul HR, Presiden BEM Unisbank Semarang sebagai motivator, melalui vidio call dan Ahmad Siaji Pustakawan dari Perpustakaan Sekolah SDN 2 Panggang Jepara.

blank
Untuk sesi pertama, kegiatan diadakan di Perpustakaan RA. Kartini dengan menghadirkan Amaliyatul HR, Presiden BEM Unisbank Semarang sebagai motivator, melalui vidio call

Amaliya selaku motivator memberikan semangat pada adik – adik hebat agar memiliki cita – cita dalam kehidupan ini dan mengingatkan untuk mewujudkannya diperlukan terus giat belajar, terutama rajin membaca buku.

Sedangkan Ahmad Siaji memberikan nasehat bahwa cita – cita itu perlu ditanamkan sejak dini dan tidak perlu sama dengan teman – teman. “ Semangat belajar jangan sampai surut dan berani bertanya ketika masih duduk di bangku pendidikan,” ujarnya.

blank
Andianika Citra Saraswsti siswi SDN Gidangelo kelas 5, membaca puisi yang diiringi petikan gitar seniman Citra Dwi Kurniawan

Sesi kedua, Ahmad Siaji memberikan arahan pada adik – adik hebat dalam penulisan jurnalistik ketika berada di Bendungan Indah Ketileng. Sedangkan dari MTs Darul Istiqomah diwakili Arip Istanto salah satu staf TU di sekolah swasta yang berada di Desa Ketilengsingolelo.

Kali ini Perpustakaan RA. Kartini mendapatkan relawan baru, Silvia Safitri dari Desa Welahan. Kehadiran Silvia juga turut memberikan suasana lebih menyenangkan karena sebagai relawan juga memberikan bantuan buku – buku novel.

Saat berada di Perpustakaan RA Kartini, adik – adik hebat mengikuti kegiatan “Membaca Nyaring ” , setiap anak harus membaca buku satu halaman dan diselingi tanya jawab oleh yang lainnya. Dilanjut di Bendungan Indah Ketileng 12 adik – adik hebat di bagi menjadi 4 kelompok untuk menulis Jurnalistik dengan tema kegiatan di hari libur mulai di rumah sampai lokasi.

blank
Dengan antusias anak-anak mengikuti pelatihan jurnalistik

Menulis Jurnalistik ini adalah kelanjutan dari arahan Hadi Priyanto selaku Ketua Forum literasi Penulis Jepara, agar anak-anak terus berlatih.

Dilokasi Wisata Desa Ketilengsingolelo ini, suasana makin seru dengan kedatangan anggota Perpustakaan Andianika Citra Saraswsti siswi SDN Gidangelo kelas 5, dengan penampilan terbaiknya membaca puisi yang diiringi petikan gitar seniman Citra Dwi Kurniawan. Penampilan Saras kali ini sangat menghibur dan memberi inspirasi pengunjung di Bendungan Indah Ketileng.

“Harapan kami sebagai pengelola perpustakaan agar adik – adik hebat yang memiliki bakat menulis maupun dalam membaca puisi bisa terus dikembangkan dan mendapat kesempatan serta apresiasi dari pihak sekolah tempat di mana mereka menimba ilmu,” ujar Edy Mustofa, pengeloma Perpustakaan RA Kartini Welahan. Bintang terang akan memancarkan cahaya ketika diberikan kesempatan untuk menampakkan dirinya, tambahnya

Hadepe