blank
Tutup Rakernis Pemasyarakatan, Kakanwil Tejo sampaikan pentingnya peran Pembimbing PK. Foto: Dok/Humas (8/3/2024) 

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan Tahun 2024 yang digelar oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Berlangsung di Aula Lapas High Risk Karanganyar, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto menutup kegiatan yang mengusung tema Pembentukan Pos Bapas Jakarta Utara untuk Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

“Nusakambangan adalah tempat pilot Project Pemasyarakatan. Di sinilah tempat kita semua jajaran Pemasyarakatan membangun konsep pemikiran,” kata Tejo

Ia menilai, tugas dan fungsi Pembimbingan Kemasyarakatan (PK) sangat krusial dalam menentukan proses dan hasil pembinaan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Di mana WBP memiliki hak dan kewajiban selama menjalani masa tahanan yang merupakan hasil assessment dari PK.

“Tugas PK berupa pengawasan dan pendampingan mengutamakan bagaimana WBP diberikan pembunaan kemandirian untuk membuka peluang usaha bekal mereka keluar nanti,” ungkap Tejo.

Ia menyatakan masih kurangnya jumlah PK yang ada di lapangan. Terlebih pada daerah Jakarta Utara yang menjadi pembahasan dalam Rakernis ini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara & Keamanan Alfonsus Wisnu Ardianto selaku Ketua Panitia Rakernis menyebut, tujuan kegiatan ini untuk menyesuaikan standar pelayanan pemasyarakatan yang telah dibuat sebelumnya dengan dasar hukum dan sehingga dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan antar Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.

Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan, Pujo Harinto dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Dedy Irsan pada kesempatan itu mengulik seputar tata cara pelaksanaan Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan pada Rutan/Lpas/Lapas/LPKA.

Hadir dalam kegiatan, Kepala UPT se-Nusakambangan, serta Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala UPT Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Ning S