Studi Tiru Pembangunan ZI, Kalapas Kota Baru kunjungi Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Dok/Humas (4/3/2024) 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menerima audiensi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Baru dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Senin (4/3/2024).

Audiensi jajaran Lapas Kotabaru dan Pemerintah Kabupaten Kota Baru dipimpin Kepala Lapas, Yosef Yembise dan Sekretaris Kesbangpol Kota Baru, Abdul Gafar dan diterima Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kadiyono.

Kegiatan ini dalam rangkaian studi tiru pembangunan zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kanwil Jawa Tengah dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Magelang.

Kadiv Administrasi, Hajrianor, menyambut baik kegiatan studi tiru ini. “Terima Kasih atas kunjungan Pemkab Kota Baru dan Lapas Kota Baru beserta jajaran di Jawa Tengah,” ujarnya.

“Tentu ini sebuah kehormatan, apalagi Kanwil Jawa Tengah tahun lalu mendapat predikat WBK bersama 11 UPT jajaran, total di Jawa Tengah yang telah mendapat WBK ada 31 dan WBBM 1 satker,” terang Hajrianor.

Sementara itu, Kadiv Pemasyarakatan, Kadiyono, memberikan apresiasi atas kunjungan Lapas dan Pemkab Kota Baru di Jawa Tengah

“Ini menunjukkan sinergitas yang sangat baik antara Lapas Kota Baru dan Pemerintah Daerah. Ini bisa menjadi contoh di Jawa Tengah,” kata Kadiyono.

Ia berharap studi tiru tidak saja di Lapas Magelang namun juga di UPT di Pulau Nusakambangan.

“Tanggung kalau jauh-jauh kesini hanya ke Magelang. Jawa Tengah memiliki UPT terbesar, total ada 66 UPT Pemasyarakatan. Jadi kalau bisa mampir sekalian ke Pulau Nusakambangan Cilacap,” imbuhnya.

Sekretaris Kesbangpol Kota Baru, Abdul Gafar, menyampaikan terima kasih atas penerimaan jajaran Kanwil Jateng.

“Kedatangan kami kesini dalam rangka studi tiru. Mudah mudahan banyak ilmu yang kami dapatkan di Jawa Tengah,” ucapnya.

Kalapas Kotabaru, Yosef Yembise yang pernah menjadi Kalapas di Sragen Jawa Tengah, mengungkapkan jika tujuan ke Jateng untuk belajar dalam rangka Pembangunan Zona Integritas.

“Kami dari Kota Baru bersama beberapa satuan kerja SKPD ingin belajar dalam rangka pembangunan Zona Integritas, rehabilitasi sosial dan medis,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan Kabag Program dan Humas, Toni Sugiarto dan Kasubag HRBTI, Hazmi Saefi.

Ning S