blank
Sebuah pemandangan di dalam Pasar Bulu, Semarang. Foto: Rafika/Wilma

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejak awal tahun 2024, harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan. Hari ini, Selasa (27/2/2024), di Pasar Bulu, Kota Semarang, terpantau harga sayuran yang mencatat lonjakan harga yang signifikan.

Bawang merah mencapai harga Rp40.000 per kilogram, bawang putih Rp45.000 per kilogram, dan bawang bombay Rp35.000 per kilogram. Namun, yang menarik perhatian adalah harga cabai yang mencapai puncaknya, yakni mencapai Rp70.000 per kilogram.

Salah satu penjual sayuran di Pasar Bulu mengungkapkan bahwa ia memilih untuk tidak menjual cabai mengingat harga yang sangat tinggi. Ia menyatakan bahwa harga cabai telah melonjak hingga mencapai Rp70.000 per kilogramnya.

“Saya nggak jual cabai mbak, karena harganya yang sangat mahal, sudah mencapai Rp70.000 per kilogram,” ungkapnya.

Pedagang tersebut juga mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini telah terjadi sejak setengah bulan yang lalu untuk sebagian besar jenis sayuran, namun untuk cabai, lonjakan harga telah terjadi sejak satu bulan yang lalu.

Tak hanya bumbu dapur saja yang melonjak menjelang bulan Ramadan ini, harga beras dan sembako di Pasar Bulu Semarang juga mengalami kenaikan.

Di salah satu lapak pasar yang menjual bahan pokok menjelaskan bahwa harga beras kualitas biasa yang biasanya hanya sekitar Rp 10.000/kg kini menjadi Rp 13.000/kg, gula yang sebelumnya sekitar Rp 13.000/kg kini menjadi Rp 16.500/kg, lalu telur ayam sekarang sudah naik mencapai harga Rp 31.000/kg.

Kenaikan harga yang terjadi setiap hari dikeluhkan oleh penjual dan masyarakat karena kenaikan harga per harinya dapat mencapai Rp 5.000/kg tergantung dari kebutuhan pasar dan kelangkaan bahan pokok tersebut.

“Naik banget, semua naik, beras naik, buat puasa stok lebaran gitu-gitu tapi belum pada panen,” Ungkap salah seorang pedagang di Pasar Bulu Semarang.

Rafika/Willma-Mg