blank
Nomor final Tunggal Usia Dini Putra, akhirnya dimenangkan Aqila Rifky Pramudia, dari Champion Klaten. Foto: dok/pbdjarum

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024, Sigit Budiarto mengatakan, event ini menjadi kesempatan emas untuk melakukan akselerasi dan pemerataan kemampuan para pebulutangkis usia muda.

Hal itu seperti yang dia sampaikan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/2/2024). Disebutkan juga, dengan semakin meningkatnya kemampuan, kelak akan lahir atlet-atlet berkualitas di berbagai penjuru Indonesia.

Pada kejuaraan ini, sebanyak 363 atlet dari 27 klub mitra PB Djarum, berpartisipasi dalam kejuaraan yang berlangsung di GOR Djarum, Jati, Kudus, Selasa-Sabtu (20-24/2/2024).

BACA JUGA: PB Djarum Tingkatkan Kompetensi Atlet Muda Melalui Kejuaraan Klub Mitra se-Indonesia

Menurut Sigit, kejuaraan ini memang memberikan kesempatan pada para atlet binaan klub mitra PB Djarum, jam terbang tambahan di luar kalender kompetisi bulu tangkis yang sudah ada. Sehingga, atlet-atlet muda ini dapat memanfaatkan untuk melakukan akselerasi kemampuannya, agar bisa lebih berprestasi.

”Sementara bagi klub mitra, ajang ini dimaksudkan sebagai pemerataan pengetahuan dalam membina atlet-atlet muda, sehingga sekalipun klub itu berada di daerah, tetap bisa menjalankan pola pembinaan yang efektif dalam mengembangkan bakat dan kemampuan si atlet,” jelas Sigit.

Sementara itu, pada rangkaian partai puncak yang digelar itu, puluhan atlet muda bersaing ketat untuk meraih titel kampiun di empat kategori, U-9, U-11, U-13, dan U-15.

BACA JUGA: Dalam Gempita Tambur Perang, Ekspresi Seni, dan Cahaya Pencerah

blank
Pelatih ganda campuran Richard Mainaky (kanan), berfoto bersama para juara nomor Ganda Pemula Putri. Foto: dok/pbdjarum

Aqila Zyan Noufalin, yang turun di kategori U-9 Putri, keluar sebagai juara, seusai menghentikan perlawanan Della Alvera Telaumbanua dari PB Suluh. Setelah kehilangan set pembuka, pebulutangkis belia asal Ariesta Semarang ini, mampu bangkit di set kedua, dan mengunci kemenangan di set ketiga dengan skor 17-21, 21-13, 21-19.

”Tadi ndak ada rasa capek, pokoknya saya coba kejar terus poin sampai selesai,” tutur Zyan.

Sedangkan Aditya Sindoro, selaku pelatih dari Champion Klaten, mengucap syukur atas keberhasilan anak-anak didiknya, yang berhasil menciptakan laga final sesama Champion Klaten.

BACA JUGA: PWI Kabupaten Magelang Tebar Benih Ikan dan Tanam Bibit Pohon Penghijauan

Dia pun mengutarakan, kejuaraan ini menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan atlet usia muda, dan memperkokoh pola pembinaan bagi klub-klub mitra dalam upayanya melahirkan talenta-talenta berkualitas.

”Event ini tidak hanya atletnya yang dapat mengukur kemampuan mereka di lapangan saja, namun jajaran pelatih juga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman, bagaimana cara membina atlet usia dini secara efektif,” ungkapnya.

Aditya berharap, penyelenggaraan kejuaraan bagi klub-klub mitra PB Djarum ini dapat diselenggarakan secara rutin. Karena banyak hal yang bisa didapat, baik dari sisi pemain maupun pelatih.

Hasil Final Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024

Ganda Anak Putra
Ahmad Hudzaifah/Valdis Adlina Wiska Putra (Champion Kudus/3)
Ganda Anak Putri
Griselda Galafreya Naashir/Laura Leydisya (Champion Klaten/2)
Ganda Pemula Putra
Abdullah Ridho Setiawan Putra/Edgard Vincent (Champion Klaten)
Ganda Pemula Putri
Adinta Mahya Ghaisani/Catrine Novatrianty Ignatius (Champions Magelang/Champions Kudus)
U-9 Putra
Kentaro Javas Kaivan Tsaqib (PB Champion Kebumen)
U-9 Putri
Aqila Zyan Noufalin (Arista Semarang)
Tunggal Usia Dini Putra
Aqila Rifky Pramudia (Champion Klaten/2)
Tunggal Usia Dini Putri
Naila Putri (PB Angkasa Madura/2)
Tunggal Anak Putra
Azzam Khailani Al Hakim (E’France, Kudus)
Tunggal Anak Putri
Laura Leydisya (Champion Klaten/3)

Riyan