blank
Sambut HUT ke 52, Basarnas gelar donor darah. Foto: Dok/Humas

CILACAP (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-52 tahun, tepatnya pada 28 Februari 2024, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menggelar berbagai macam kegiatan di seluruh kantor UPT Pencarian dan Pertolongan.

Salah satunya adalah kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan unit tranfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan donor darah dibuka langsung oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Kusworo secara virtual.

“Kegiatan donor darah ini merupakan simbol kepedulian dan keberanian kita untuk berbagi. Donor darah itu tindakan mulia yang sederhana namun berdampak luar biasa. Setiap tetes darah yang disumbangkan sangat berarti untuk kehidupan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Kusworo, Jumat (23/2/2024).

Dalam kegiatan donor darah ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap menargetkan sebanyak 52 kantong darah. Dari 78 orang pendaftar, hanya 56 orang memenuhi syarat untuk melakukan donor. Dengan rincian golongan darah A sebanyak 15 kantong, B sebanyak 19 kantong, O sebanyak 17 kantong dan AB sebanyak 5 kantong.

Tidak hanya dari pegawai dan Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap saja yang mengikuti donor darah, tetapi juga diikuti dari Pangkalan TNI AL Cilacap, Kodim 0703 Cilacap, Polairud Cilacap, Kantor Perikanan Samudera Cilacap, BMKG, Bank Gunung Slamet, Relawan Damkar, PT. Solusi Bangun Indonesia, Potensi SAR, dan masyarakat sekitar.

Ning S