blank
Penyerahan hadiah dan trophy untuk Bank Sampah Permataku dilakukan oleh Kapolres Jepara SAKBP Wahyu Nugroho Setyawan kepada Mohammad Asro, S.Pd.I

JEPARA (SUARABARU.ID) – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh SMPN 5 Jepara. Kali ini berkaitan dengan keberhasilan dalam mengelola sampah. Sebab Bank Sampah Permataku yang dikelola sekolah yang berada di Jln Kartini 42 Jepara ini berhasil meraih juara II Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2004. Sedangkan juara 1 diraih oleh Bank Sampah Desa Tempur dan Juara III Bank Sampah Desa Pecangaan Kulon.

Penyerahan hadiah dan trophy untuk Bank Sampah Permataku dilakukan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan kepada Mohammad Asro, S.Pd.I, Manajer Bank Sampah Permataku SMP N 5 Jepara dalam peringatan hari sampah nasional yang diselenggarakan di Pantai Kartini Jepara, Jumat (23/2-2024)

blank
Mohammad Asro, S.Pd.I, Manajer Bank Sampah Permataku SMP N 5 Jepara bersama Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta

Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2024 dengan tema tema Inovasi Pengelolaan dan Pengurangan Sampah ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Jepara dalam rangka peringatan HPSN 2024. Lomba ini diikuti oleh bank sampah dari tiap desa di kab. Jepara.

blank
Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani M.Pd bersama para guru saat kampanye peduli sampah

Visitasi dan verifikasi penilaian dilaksanakan pada tg. 23 Januari 2024, dengan tim penilai dari DLH, Tim Penggerak PKK Kab. Jepara, DKK, dan BSIJ. Sedangkan peserta yang masuk verifikasi dokumen sebanyak 18 bank sampah

Sementara Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani M.Pd kepada SUARABARU.ID mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh Bank Sampah Permataku. Ini adalah capaian bersama seluruh keluarga sekolah dalam mewujudkan sekolah yang bersih, sehat dan indah. Ini sesuai dengan visi sekolah yang berwawasan lingkungan dan SMP N 5 Jepara juga merupakan sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Jepara.

blank
Kampanye peduli sampah yang dilakukan siswa SMPN 5 di kota Jepara

Ia juga menjelaskan, dalam rangka HPSN 2024 SMP N 5 Jepara pada Rabu, 21 Februari 2024 juga melaksanakan berbagai kegiatan di sekolah, diantaranya Kampanye Peduli Sampah yang diikuti seluruh siswa, guru, dan karyawan, lomba pilah sampah, dan lomba iklan layanan masyarakat.

blank
Siswa SMPN 5 Jepara lakukan kampanye peduli sampah di kota Jepara

Sedangkan kampanye peduli sampah dilaksanakan dengan rute Jl. Kartini, Jl. Diponegoro, Jl. Kol. Sugiyono, Jl. Dr. Hos. Vokroaminoto, finish di SMP 5 Jepara Negeri 5 Jepara.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian SMP N 5 Jepara untuk menumbuhkan karakter cinta lingkungan bagi peserta didik guna mendukung terwujudnya profil pelajar Pancasila,” pungkas Lisna Handayani

Hadepe – LH