blank
PENGARAHAN - Calon angtgota Paskibraka mendapatkan pengarahan instruktur. (Foto: Istimewa)

BATANG (SUARABARU.ID) – Ratusan pelajar dari SMA sederajat se-Kabupaten Batang bersaing ketat untuk menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024, dengan mengikuti serangkaian proses, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Batang, Minggu (18/2/2024).

Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan Ideologi, Bakesbangpol Batang Pandam Harjito menerangkan, pendaftaran Paskibraka dibuka secara online mulai dari tanggal 1 Februari hingga 15 Februari 2024. Dari total 476 peserta yang membuat akun, 425 berhasil mengirimkan berkas dan memenuhi syarat administrasi, sementara 20 gagal dan 51 tidak mengunggah berkas.

“Hari ini mereka melanjutkan ke tahap tes wawasan kebangsaan, Pancasila dan intelegensia umum,” terangnya saat ditemui di Aula Kantor Bupati Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (17/2/2024).

Tahun ini pertama kalinya Bakesbangpol menyelenggarakan seleksi Paskibraka, setelah sebelumnya tanggung jawab tersebut dipegang oleh Disparpora.

“Untuk tahun ini, kami telah siap karena anggaran telah dialokasikan sepenuhnya kepada Bakesbangpol,” jelasnya.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Batang Maya Damayanti menuturkan menjadi anggota Paskibraka merupakan kebanggaan tersendiri bagi para peserta. “Jika mereka berhasil menjadi bagian dari Paskibraka tingkat kabupaten, provinsi, atau bahkan nasional, itu akan menjadi kebanggaan yang luar biasa,” tuturnya.

Ia juga menargetkan agar Paskibraka Kabupaten Batang kembali mewakili di tingkat provinsi hingga nasional. Adapun tahapan seleksi paskibraka lainnya yakni postur tubuh dan kesehatan, seleksi parade, baris-berbaris, kesamaptaan dan kepribadian melalui wawancara.

Nur Muktiadi