Kapolresta Magelang berdialog dengan warga, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Dalam upaya menjaga kelancaran pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024, Polresta Magelang melakukan pengamanan di wilayah setempat, hari ini (Minggu 18/2/24).

Kapolresta Magelang, KBP Mustofa bersama Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, melaksanakan pengecekan langsung pelaksanaan PSU tersebut. Turut serta mendampingi Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, anggota KPU Jawa Tengah Basmar Periyanto Amron, dan Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofiq.

Menurut KBP Mustofa, Polresta Magelang telah menurunkan 151 personel pengamanan, didukung oleh 36 personel dari TNI Kodim 0705/Magelang, dan 122 personel BKO dari Satuan Brimobda Polda Jawa Tengah.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa terdapat tiga TPS di tiga kecamatan yang melaksanakan PSU hari ini. TPS tersebut berada di Mangunsari – Sawangan, Ngleses – Candimulyo, dan Muntilan.

“Alasan diadakannya PSU ini antara lain adalah keberadaan pemilih luar daerah yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb). Namun memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dan meminta untuk memberikan suara di TPS yang bersangkutan, serta kesalahan dalam pemberian surat suara,” jelas Kapolresta.

Kabag Ops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto, menambahkan, kehadiran Kapolresta beserta rombongan bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan PSU di Kabupaten Magelang berlangsung aman dan lancar. “Dengan adanya pengamanan dari pihak kepolisian yang dibantu TNI dan unsur terkait lainnya, pelaksanaan PSU ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dari awal hingga berakhirnya proses pemungutan suara ulang,” kata Kompol Eko Mardiyanto.

Eko Priyono