Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto. Foto: Dok/Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pasca pemungutan suara pemilu 2024 tanggal 14 Februari kemarin, Polda Jateng mengimbau masyarakat agar waspadai berita maupun konten hoaks yang beredar.

Hal ini disampaikan Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Mapolda Jateng, Jumat (16/2/2024).

Satake menyebut, ada sejumlah konten hoaks yang kerap muncul saat pemilu. Konten hoaks tersebut harus diwaspadai oleh masyarakat. Pihaknya mengimbau masyarakat agar hati-hati terhadap informasi yang tidak benar atau menyesatkan.

Ia berharap masyarakat tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang diterima baik dari media sosial maupun melalui pesan berantai. “Lakukan cek, ricek dan kroscek terhadap informasi yang didapatkan, dan harus teruji validitasnya sebelum disebarluaskan,” tandasnya.

“Di masa seperti ini banyak konten hoaks yang harus kita waspadai bersama. Untuk itu masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh berita hoaks yang belum teruji kebenarannya,” ujar Satake.

Terkait adanya konten yang disebar luaskan melalui medsos berkaitan dengan narasi yang bersifat provokasi, Satake menyebut ada mekanisme yang telah diatur. “Seperti berkaitan dengan pelanggaran maupun dugaan adanya kecurangan dalam pelaksanaan pemilu. Itu bisa dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun melalui saluran yang telah disediakan oleh negara,” tuturnya.

“Kami imbau masyarakat tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh konten-konten hoaks yang belum tentu benar. Jika ada permasalahan, silahkan tempuh dengan mekanisme yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

Ning S