blank
Petugas KPPS di TPS 17 Candi Joglo Torh Grobogan berpakaian khas Bali. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID)  – Pemilu serentak berlangsung hari ini, Rabu Legi, 14 Februari 2024 hari ini. Warga datang ke TPS untuk memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota.

Momen tersebut dipergunakan oleh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Pemilu memang arus dibuat riang gembira dan membahagiakan. Bahkan, TPS 17 di kompleks wisata budaya Candi Joglo, Toroh Grobogan

Warga yang nyoblos di sini mendapat bonus gratis menikmati destinasi wisata penting di Kabupaten Grobogan ini. TPS 17 digelar di Gedung Candi Rasa yang berada di Kompleks Candi Joglo Purwodadi, Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Tema TPS 17 ini mengusung ornamen khas Candi Joglo dengan hiasan balon warna merah putih.

Pakaian Khas Bali

Sementara itu, petugas laki-laki menggunakan udeng khas Bali sebagai kostum hiasan yang dipergunakan saat bertugas di TPS 17 tersebut.

blank

Selain bisa menikmati destinasi wisata Candi Joglo, di TPS 17 Krangganharjo, Toroh, Grobogan ini juga tersedia “photo booth” untuk para pemilih. Foto: Tya wiedyaPemilihan kompleks Candi Joglo sebagai tempat pemungutan suara (TPS) 17 ini karena tempatnya sangat luas dan menjangkau lebih dari 274 DPT yang terdata punya hak pilih.

“Tempatnya ini lebih luas, ruangannya tidak sempit, dan strategis. Jadi masyarakat yang menunggu juga tidak bosan, apalagi ini para DPT yang selesai menggunakan hak pilihnya untuk menikmati wisata gratis yang disediakan Candi Joglo,” ujar Ketua KPPS Tri Purwanto.

Selain wisata gratis, ada juga undian untuk warga yang sudah mencoblos. Mereka berhak mendapatkan biskuit cokelat atau bunga bagi yang beruntung.

Salah satu warga yang mendapatkan kesempatan ini adalah Dayu. Dirinya tidak menyangka jika usai mencoblos ada undian mendapatkan hadiah.

“Momennya juga pas di hari kasih sayang. Dapat biskuit, alhamdulilah berkah mencoblos hari ini,” jelas Dayu.

Wisata Gratis

Muhadi, pemilik sekaligus pengelola Candi Joglo Semar Purwodadi ini membenarkan bahwa pihaknya memberikan tiket gratis untuk para DPT yang sudah mencoblos.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi Candi Joglo kepada masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 ini.

“Objek wisata Candi Joglo Semar Purwodadi ini ikut mensukseskan ajang demokrasi Pileg dan Pilpres 2024 dengan memfasilitasi masyarakat sebagai tempat pendirian TPS 17 Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh,” ujar Muhadi, Rabu 14 Februari 2024.

“Untuk memacu minat masyarakat agar semangat mencoblos, Candi Joglo Semar Purwodadi memberikan layanan gratis wisata sambil mencoblos agar masyarakat tidak golput. Kita gratiskan masyarakat yang mencoblos di TPS ini. Mereka bisa bebas untuk berswafoto di sini,” tambahnya.

Antusias

Pemilu yang diadakan di Candi Joglo Semar Purwodadi ini ternyata membuat antusias masyarakat yang hadir. Salah satu warga bernama Ika mengatakan, penyelenggaraan TPS di Candi Joglo Semar Purwodadi ini memberikan efek positif untuk ia dan keluarganya yang punya hak untuk memilih dalam Pemilu 2024 ini.

Menurut Ika, selain mencoblos, mereka juga berkesempatan untuk berwisata di Candi Joglo Semar Purwodadi ini. Meskipun sederhana dengan memanfaatkan spot foto yang ada, namun ia dan keluarganya merasa ada kelebihannya.

“Selama ini kita jarang wisata. Sibuk kerja saja, tetapi ini momen Pemilunya sangat pas sekali karena bertepatan dengan hari kasih sayang. Benar-benar ada quality time bersama keluarga di sini,” kata Ika.

Tya Wiedya