blank
Tim Pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik USM memberikan pendampingan pembuatan kontainer tempat sampah botol plastik portabel di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Kedungmundu, Kota Semarang, baru-baru ini.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik USM memberikan pendampingan pembuatan kontainer tempat sampah botol plastik portabel di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Kedungmundu, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM terdiri atas Ketua Hendra Masvika, S.T., M.Eng., anggota Dr. Purwanto, S.T., M.T., dan Sri Wanto S.T., M.T.

Hendra mengatakan, kegiatan PkM ini dimaksudkan untuk mendukung tujuan program pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Kota Semarang melalui pengelolaan sampah botol plastik.

Sampah botol plastik yang dikelola dan didaur ulang dengan baik dapat memberikan manfaat ekonomi. Hal ini sejalan dengan target SDGs 8.

”Jika pengelolaan sampah botol plastik dilakukan dengan tepat, maka potensi pencemaran lingkungan bisa dikurangi, sehingga dapat berdampak kehidupan yang lebih sehat (SDGs 3),” katanya.

Menurut Hendra, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah botol plastik yang berkelanjutan.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan cara mendukung tujuan program SDGs yang dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada masyarakat.

”Kami tergerak untuk membantu mitra dalam penyediaan kontainer tempat sampah botol plastik, agar pengelolaan sampah botol plastik menjadi lebih baik,” ujarnya.

Tim PkM menyerahkan kontainer tempat sampah botol plastik kepada Lurah Tlogosari Wetan, Kamto Warsono, S.E., M.M.

Kamto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak USM yang telah membantu dalam pembuatan tempat sampah botol plastik, yang selanjutnya akan didistribusikan kepada warga masyarakat.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini memberikan manfaat bagi warga Tlogosari Wetan dan tempat sampah botol plastik ini dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah botol plastik sehingga dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi dan turut menjaga kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan pihak kelurahan terbuka untuk semua stakeholder yang ingin mengadakan kegiatan serupa, dengan tujuan untuk pembangunan dan kemajuan di Tlogosari Wetan.

Muhaimin