blank
Personel Fire Man dari Regu II Damkar Wonogiri, melakukan pemanjatan untuk menangkap Ular Phyton yang memangsa ayam dan berupaya naik ke kerangka atap.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam semalam, Regu II Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol-PP Pemkab Wonogiri, menangkap dua ekor ular yang memangsa ayam piaraan milik warga. Lokasinya di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Kabid Damkar Satpol-PP Kabupaten Wonogiri, Joko Santosa, Selasa (13/2), menyatakan, Regu-II Damkar dipimpin oleh Komandan Regu (Danru) Tri Budi Santoso. Dua ekor Ular Sowo Kembang atau Phyton tersebut, ditangkap di dua kandang ayam yang lokasinya terpisah jauh.

Yakni di kandang ayam milik Edi Basuki, di Dusun Pagersari, Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, dan di kandang ayam milik Widadi, di Dusun Dawung, Desa Pondok Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Pemilik kandang panik dan ketakutan, ketika melihat ayam piaraannya dimangsa ular. Para tetangga, juga ketakutan tidak ada yang berani menangkapnya. Karena itu, kemudian mengontak Piket Damkar Satpol-PP Pemkab Wonogiri, untuk minta bantuan penanganannya.

Penangkapan cukup sulit dilakukan oleh personel Fire Man dari Damkar Wonogiri. Sebab ular tersebut berupaya menghindar dan bergerak ke bagian kerangka atap kandang. Badannya melilit pada kerangka kayu ramuan atap.

Yang Ke-17 

Dengan sabar, akhirnya ular tersebut berhasil ditarik dalam kondisi gelap malam yang hanya diterangi dengan lampu senter. Kata Joko Santosa, tugas pokok fungsi (Tupoksi) Damkar adalah memberikan bantuan pemadaman pada musibah kebakaran.Tapi selalu ada permintaan warga untuk menangkap ular. Utamanya pada ular yang masuk ke pemukiman dan membahayakan keselamatan warga. ”Penangkapan ular semalam, merupakan yang ke 17 kalinya di awal Tahun 2024 ini,” jelas Kabid Damkar Joko Santosa.

Untuk pemadaman kebakaran selama 43 hari di awal Tahun 2024 ini, dilakukan sebanyak 4 kali, mengunduh sarang lebah sebanyak 11 kali, membantu melepas cincin yang melekat erat di jari tangan sebanyak 2 kali.

Sementara itu, selama Tahun 2023 lalu, telah membantu pemadaman kebakaran sebanyak 153 kali, ngundhuh sarang tawon sebanyak 115 kali, menangkap ular sebanyak 57 kali, melepas cincin 22 kali.

Juga melakukan penangkapan Biawak yang masuk ke rumah warga sebanyak 4 kali, mengevakuasi kambing dan kucing tercebur sumur, masing-masing sebanyak satu kali dan dua kali.
Bambang Pur