blank
Para wartawan anggota PWI Kebumen ziarah ke makam almarhum Goenawan Efendy, mantan wartawan di Desa Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kamis 8/2.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Segenap pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen ziarah ke makam para wartawan, Kamis (8/2).

Ziarah dipimpin Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto sertai Kabid Informasi danKomunikasi Dinas Kominfo Kebumen Efit Septiyani. Hadir pula tiga Penasihat PWI Kebumen Komper Wardopo, Nanang W Hartono dan Bagus Sukmawan.

Ziarah dimulai sekitar Pukul 08.00. Diawali berdoa tahlil di makam M Fuad Hasyim,  mantan wartawan Kebumn Ekspres di Makam Umum Sijago, Kelurahan Selang.

Selanjutnya para wartawan berziarah ke Makam M Sujangi, mantan wartawan Sinar Tani dan pernah menjadi Ketua PWI Kebumen serta mantan Ketua PC GP Ansor Kebumen di Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen.

blank
Para wartawan memanjatkan doa di makam M Sujangi di Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Selanjutnya para insan pers berziarah ke makam Goenawan Efendy alias Pak Gun di Desa Pejagoan, Kecamatan Pejagoan. Goenawan Efendy pernah menjadi wartawan Suara Merdeka sekaligus PNS pejabat Bagian Humas Pemkab Kebumen.

Para wartawan juga bersilaturahmi ke kediamaan almarhum Pak Gun di Gang Turi Pejagoan dan diterima oleh putri bungsunya, Unggul Winarti. Unggul saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo, pernah menjadi Kabag Prokopim Setda Kebumen serta Kabag Humas  Sekretariat DPRD. Di masa muda Unggul merupakan penyiar radio swasta di Kebumen.

Menurut Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto, ziarah merupakan agenda rutin guna mendoakan arwah para wartawan senior di Kebumen menjelang HUT PWI dan HPN. Pihaknya sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga wartawan untuk menjalani persaudaraan.

Sekretaris Dinas Kominfo Unggul Winarti mengaku senang dan berterima kasih atas kunjungan para wartawan menjelang HPN dan HUT PWI. Apalagi setiap Hari Pers Nasional para wartawan juga berziarah mendoakan almarhum orang tuanya.

“Kami mewakili keluarga almarhum Bapak Goenawan  Efendy menyampaikan terima kasih atas doa yang dikirimkan ke bapak kami. Kami juga senang setiap tahun insan pers menjalin kekeluargaan dengan keluarga kami,”tandas Unggul.

Komper Wardopo